Anak Pembunuh Ibu Kandung di Gresik Diduga Alami Gangguan Jiwa

Kompas.com - 11/03/2019, 08:26 WIB
Ilustrasi penangkapan Think StockIlustrasi penangkapan

GRESIK, KOMPAS.com - Ro (28), warga Desa Madumulyorejo, Kecamatan Dukun, Gresik, Jawa Timur, yang diduga membunuh ibu kandungnya R (65), diduga mengalami gangguan jiwa. Dengan hal itu, dituturkan oleh warga setempat.

"Setahu saya, sebelum dapat kabar ini, Ro tadi pagi masih sempat terlihat mengantar ibunya yang sedang sakit. Makanya, saya juga kaget saat dikabari oleh warga tentang pembunuhan ini. Tapi, memang warga di sini juga sudah pada tahu, jika Ro ini mengalami gangguan, seperti depresi atau orang stres," ujar Kepala Desa Madumulyorejo, Mat Rozim, di lokasi kejadian, Minggu (10/3/2019).

Ro merupakan bungsu dari tiga bersaudara, dengan kakak-kakaknya sudah berkeluarga dan hidup terpisah di lain kampung. Antara pelaku dan saudaranya yang lain, mulai terlihat perbedaan sejak lulus SMP dan mulai jarang bergaul dengan teman sebaya.

Baca juga: Meski Dinyatakan Mengidap Gangguan Jiwa, Kasus Suami Bunuh Istri di Blitar Tetap Dilanjutkan

"Sejak itu, dia mulai jarang bergaul. Keluar rumah paling ke sawah, membantu orangtuanya, enggak pernah lagi bergaul dengan orang," ucap dia.

Pengakuan yang sama juga diungkapkan oleh Sutikno (53), yang mengaku masih kerabat korban. Pelaku, kata dia, memang mengalami gangguan jiwa sejak beberapa tahun lalu, yang membuat pelaku jarang berkumpul dengan warga maupun teman sebayanya.

"Sudah lama tidak bergaul lagi sama teman-teman sebayanya. Padahal, saya yang masih kerabat dan gurunya di SD, melihat dulunya tidak seperti sekarang. Sejak mau lulus (SMP) itu sepertinya, dia mulai ada tanda-tanda tidak beres dan mengalami gangguan jiwa," tutur Sutikno.

Warga Desa Madumulyorejo lainnya, Sukariyah (48) mengatakan, pelaku memang diduga mengalami gangguan jiwa dalam beberapa tahun terakhir. Hanya saja, ia tidak menyangka bila Ro sampai tega menghabisi nyawa ibu kandungnya.

"Warga di sini sudah pada tahu jika Ro mengalami gangguan jiwa, tapi saya masih heran dia kok tega sampai membunuh ibunya," kata Sukariyah.

Baca juga: Seorang Pemuda di Gresik Ditangkap karena Diduga Bunuh Ibu Kandung

Kapolres Gresik AKBP Wahyu Sri Bintoro yang sempat mendatangi lokasi kejadian menyatakan, akan melihat kondisi kejiwaan pelaku apakah mengalami gangguan atau tidak setelah pemeriksaan yang akan dilakukan.

"Proses selanjutnya, kami akan melakukan pemeriksaan ahli kejiwaan, untuk mengetahui apakah yang bersangkutan mengalami gangguan kejiwaan akan kami dalami lebih lanjut," tutur Wahyu.

Usai kejadian, pelaku sudah diamankan oleh pihak kepolisian bersama dengan warga setempat.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X