Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kebakaran Hutan di Pelalawan Riau Meluas ke Lahan Perusahaan

Kompas.com - 10/03/2019, 15:28 WIB
Idon Tanjung,
Kontributor Amerika Serikat, Andri Donnal Putera

Tim Redaksi

PEKANBARU, KOMPAS.com - Kebakaran hutan dan lahan (karhutla) meluas hingga ke lahan milik PT Sumber Sawit Sejahtera (SSS) di Desa Kuala Panduk, Kecamatan Teluk Meranti, Kabupaten Pelalawan, Riau.

Komandan Sub Satgas Karhutla Kabupaten Pelalawan AKBP Kaswandi Irwan mengatakan, lahan perusahaan terbakar berawal dari lahan masyarakat yang terbakar di Desa Pangkalan Terap, Kecamatan Teluk Meranti, beberapa hari lalu.

"Kebakaran awalnya dari lahan masyarakat, kemudian menjalar ke sebagian pinggir lahan perusahaan di Desa Kuala Panduk," sebut Kaswandi Irwan saat diwawancarai Kompas.com, Minggu (10/3/2019).

Baca juga: Ratusan Petugas Padamkan Kebakaran Lahan di 2 Desa di Pelalawan, Riau

Pihak perusahaan, kata dia, juga produktif dari awal dengan turun membantu memadamkan api.

"Pihak perusahaan sudah membantu pemadaman dan juga alat berat untuk membuat sekat, supaya api tidak meluas. Sekarang di sekeliling lahan terbakar sudah disekat-sekat dan dibuat embung di beberapa titik," kata Kaswandi yang juga merupakan Kapolres Pelalawan.

Kaswandi mengatakan, tim Satgas Karhutla Kabupaten Pelalawan yang terdiri dari kepolisian, TNI, BPBD, Manggala Agni, Damkar, masyarakat serta perusahaan kompak "mengeroyok" titik api yang ada di gambut, yang mengeluarkan asap.

"Jumlah petugas di lapangan 231 orang. Kami berupaya memadamkan api di dalam gambut. Sekarang asap masih tebal di lokasi," tambah Kaswandi.

Sementara itu dari pantauan Kompas.com, lahan PT SSS yang terbakar belum dikelola atau masih lahan kosong yang terdapat semak belukar dan bermacam jenis kayu.

Di sebelahnya, terdapat lahan yang sudah ditanami sawit, tapi belum berbuah.

Baca juga: Kebakaran Lahan Tak Kunjung Padam, Warga di Rupat Berharap Turun Hujan

Petugas gabungan membuat sekatan dengan alat berat milik perusahaan, supaya api tidak meluas ke lahan yang sudah ditanami sawit dan lahan kosong lainnya. Selain itu, pihak perusahaan sebelumnya juga telah membuat kanal.

Diberitakan sebelumnya, kebakaran hutan dan lahan terjadi di Desa Pangkalan Terap dan Desa Kuala Panduk, Kecamatan Teluk Meranti, Kabupaten Pelalawan, Riau.

Sedikitnya, ada 231 personel gabungan berupaya memadamkan api di dalam gambut. Lahan yang terbakar mengeluarkan asap yang sangat tebal.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com