Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pembuang Bayi di Sungai Anderep Asmat Ternyata Masih Berstatus Pelajar

Kompas.com - 07/03/2019, 06:34 WIB
Kontributor Kompas TV Timika, Irsul Panca Aditra,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

TIMIKA, KOMPAS.com - Kepolisian Resort (Polres) Asmat berhasil mengamankan seorang pelajar yang diduga kuat tega membuang bayinya sendiri di Kali Anderep, Kota Agats, Kabupaten Asmat, Papua.

Kapolres Asmat AKBP Andi Yoseph Enoch mengatakan, pelaku yang membuang bayinya itu diamankan pada Selasa (5/3/2019) malam setelah dilakukan penyelidikan oleh Satuan Reskrim.

Pelaku diamankan 12 jam sejak ditemukan jasad bayi yang membuat geger warga tersebut.

"Hanya 12 jam pelaku berhasil diamankan," kata AKBP Andi kepada Kompas.com, Rabu (6/3/2019) malam. 

Baca juga: Buang Bayi di Tepi Jalan, Sepasang Kekasih di Samarinda Ditangkap Polisi

Polisi berhasil mengungkap ibu dari bayi tersebut setelah Kasat Reskrim Iptu Zakaruddin menurunkan Kanit Opsnal dalam penyelidikan.

Penyelidikan diawali dengan mengumpulkan data dan informasi di Puskesmas Agats terkait ibu hamil yang memeriksakan kandungannya.

"Setelah mencari informasi, Tim Opsnal kembali ke Mako guna konsolidasi," ujar AKBP Andi.

Tim Opsnal kemudian mendapati informasi dari seorang warga bernama Jack, bila pada Senin (4/3/2019) di kamar mandi rumahnya terdapat banyak darah, namun Jack kala itu tidak mengetahui darah apa.

Baca juga: Sejoli yang Buang Bayi Mereka di Jombang Menikah di Kantor Polisi

Kemudian Tim Opsnal mengumpulkan sejumlah gadis yang berada di rumah tersebut yang tidak jauh dari lokasi ditemukan jasad bayi tersebut.

Disaat sedang melakukan interogasi, seorang gadis berinisial AK yang masih berusia 16 tahun dan masih duduk di bangku sekolah menunjukan gelagat yang mencurigakan.

Gadis tersebut kemudian diamankan dan dibawa ke RSUD Agats untuk dilakukan pemeriksaan oleh dokter. Hasilnya, terdapat luka robek pada kemaluan korban, gumpalan darah dan pelaku belum kembali sempurna.

"Seletah melakukan pemeriksaan dan keterangan dari hasil pemeriksaan dokter, Tim Opsnal kemudian membawa pelaku dan di amankan dalam Rutan Polres Asmat guna proses lebih lanjut," pungkas AKBP Andi.

Baca juga: Buang Bayi di Kloset Bandara, Anak SMA Terancam Belasan Tahun Penjara

Diberitakan sebelumnya, sesosok bayi yang diduga baru berusia beberapa hari ditemukan warga di Kali Anderep, Kota Agats, Kabupaten Asmat, Papua. Jasad bayi itu ditemukan pada Selasa (5/3/2019) kemarin.

Awalnya, sekitar pukul 07.30 WIT, Kanit SPKT Polres Asmat Bripka Obaja T. Msen mendapati laporan warga bila ditemukan sesok mayat di sungai tersebut.

Kemudian personel kepolisian mendatangi sungai yang dimaksud selanjutnya mengamankan TKP.

Tim Indentifikasi kemudian melakukan olah TKP dan mengangkat jasad bayi tersebut untuk dibawa ke rumah sakit.

Baca juga: Buang Bayi dari Gedung Lantai 3, Seorang SPG Diamankan Polisi

Dari hasil visum luar yang dilakukan pihak rumah sakit, bayi berjenis kelamin perempuan itu baru saja dilahirkan sekitar lima hari sebab masih adanya plasenta.

Selain itu, dalam proses lahiran sudah mencukupi bulan. Polisi menduga jasad bayi yang dibuang itu diduga hasil hubungan gelap.

Setelah dilakukan koordinasi antara pihak kepolisian, rumah sakit, dan Dinas Sosial, jasad bayi itu kemudian di makamkan di tempat pemakaman umum.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com