Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kantor Pusat Pemerintahan Sumedang Banjir, Pegawai Pulang Tenteng Sepatu

Kompas.com - 04/03/2019, 18:43 WIB
Aam Aminullah,
Robertus Belarminus

Tim Redaksi


SUMEDANG, KOMPAS.com - Tingginya intensitas hujan yang terjadi sejak Senin (4/3/2019) siang menyebabkan kantor Induk Pusat Pemerintahan (IPP) Kabupaten Sumedang, terendam banjir, Senin sore pukul 15.00 WIB.

Pantauan Kompas.com, ketinggian banjir di kantor Sekretariat Daerah Kabupaten Sumedang mencapai 20-30 sentimeter.

Banjir cileuncang (banjir sementara) ini terjadi di area pendopo pintu masuk dan halaman depan IPP Sumedang. Banjir bertahan hingga lebih dari 1,5 jam.

Baca juga: Warga Prabumulih Terpaksa Panen Buah Rambai di Tengah Banjir

Kondisi ini sempat menyulitkan para pegawai di Setda Sumedang ketika akan pulang, keluar dari kantor menuju tempat parkir kendaraan. Mereka terpaksa melepas sepatu mereka.

"Iya, sulit keluar karena ketinggian air mencapai sebetis saya," ujar seorang ASN Setda Sumedang, kepada Kompas.com, di IPP Sumedang, Senin sore.

Sementara itu, Kepala Subbagian Rumah Tangga Setda Sumedang Hendra Purwadi mengatakan, banjir cileuncang ini disebabkan besarnya luapan air dari arah kantor Bappenda Sumedang dan lahan kosong di pinggir Mapolres Sumedang.

"Halaman Setda Sumedang ini posisinya berada di bawah. Sehingga air cileuncang dari tanah kosong dan Bappenda itu pun mengalir ke kawasan setda," ucap dia.

Baca juga: 4 Minggu Berlalu, Banjir Masih Rendam Sebagian Prabumulih

Selain itu, kata Hendra, gorong-gorong atau saluran drainase yang berada di kawasan Setda Sumedang mengalir ke sungai kecil.

Namun, pada waktu bersamaan, sungai tersebut meluap sehingga air masuk ke halaman IPP Sumedang.

"Solusinya harus bikin gorong-gorong baru yang bisa tembus ke sungai besar di belakang Kantor Bappppeda Sumedang. Supaya ketika air meluap bisa langsung tersalurkan," kata dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com