Meski Diguyur Hujan, Warga Solo Tetap Ramaikan Kirab Kebangsaan Haul Ke-9 Gus Dur

Kompas.com - 23/02/2019, 19:04 WIB
Kirab kebangsaan peringatan Haul ke-9 Gus Dur di Stadion Manahan, Solo, Jawa Tengah, Sabtu (23/2/2019). KOMPAS.com/LABIB ZAMANIKirab kebangsaan peringatan Haul ke-9 Gus Dur di Stadion Manahan, Solo, Jawa Tengah, Sabtu (23/2/2019).

SOLO, KOMPAS.com - Warga Solo meramaikan kirab kebangsaan yang merupakan rangkaian peringatan Haul ke-9 Abdurrahman Wahid alias Gus Dur yag digelar di Kota Solo, Jawa Tengah, Sabtu (23/2/2019) sore.

Meski diguyur hujan, tidak membuat peserta kirab bertajuk "Berjuta Warna Satu Jiwa Indonesia" itu berhenti. Mereka tetap berjalan menuju garis finish.

Kirab dimulai di Stadion Manahan dan berakhir di Stadion Sriwedari. Rute perjalanan kirab yaitu melintasi Jalan Adi Sucipto-Jalan dr Moewardi-Jalan Slamet Riyadi-Jalan Bhayangkara.

Peserta kirab kebangsaan dilepas oleh putri kedua Gus Dur, Yenny Wahid disaksikan Wali Kota Surakarta FX Hadi Rudyatmo.

Baca juga: Peringati Haul Gus Dur, Menag Ajak Masyarakat Hormati Perbedaan

Kirab dibuka oleh pasukan pembawa burung Garuda Pancasila. Disusul di belakangnya pasukan paskibraka, marching band Gita Pamong Praja, kelompok kesenian reog, batik karnival Pospes Azzayadi, Pagar Nusa, kelompok masyarakat dan liong Tripusaka Solo.

Ketua panitia Haul ke-9 Gus Dur, Hussein Syifa menyampaikan, kirab kebangsaan itu bertujuan mengajak masyarakat meneladani ajaran Gus Dur untuk selalu mencintai Tanah Air.

"Mudah-mudahan dengan semangat selalu merah putih ada di dada kita. Kita sebagai warga Solo 100 persen mencintai Indonesia. Mari kita jaga kota kita agar tetap selalu menjadi kota yang ramah nomor satu di Indonesia," ungkapnya.

Wali Kota Surakarta, FX Hadi Rudyatmo berharap peringatan Haul ke-9 Gus Dur dapat membawa Indonesia yang cinta damai, menghargai dan menghormati sesama tanpa membedakan suku, agama, ras dan antar golongan.

Baca juga: Kwik Kian Gie Akan Jadi Pembicara pada Haul Gus Dur di Tebuireng

"Marilah kita cintai sesama. Mudah-mudahan dengan Haul ke-9 Gus Dur akan membawa berkah bagi Indonesia," katanya.

Yenny Wahid mengapresiasi kegiatan kirab kebangsaan yang diselenggarakan di Solo. Banyak masyarakat di Solo yang ikut berpartisipasi dalam kirab kebangsaan Haul ke-9 Gus Dur.

"Saya terharu sekali, saya mengapresiasi apa yang telah dikerjakan teman-teman Surakarta dengan dukungan Pak Wali Kota. Saya sendiri tak menyangka acaranya akan semeriah ini," ungkapnya.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X