PKL Pasar Sumedang: 5 Hari Jualan Hanya Dapat Rp 8.000

Kompas.com - 24/01/2019, 17:41 WIB
Ratusan PKL Jalan Tampomas kembali berjualan di lokasi tersebut. Sebelumnya, Pemkab Sumedang telah membongkar lapak dan merelokasi PKL ke lantai 3 Pasar Sandang Sumedang. KOMPAS.com/AAM AMINULLAHRatusan PKL Jalan Tampomas kembali berjualan di lokasi tersebut. Sebelumnya, Pemkab Sumedang telah membongkar lapak dan merelokasi PKL ke lantai 3 Pasar Sandang Sumedang.

SUMEDANG, KOMPAS.com - Ratusan pedagang kaki lima (PKL) Pasar Sandang Sumedang kembali menempati lapak lama di Jalan Tampomas, Kecamatan Sumedang Utara, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat, Kamis (24/1/2019).

Sebelumnya, seiring tuntasnya pembangunan revitalisasi Pasar Sandang Sumedang, para PKL direlokasi ke lantai 3 pasar baru tersebut.

Namun, PKL kembali turun ke jalan karena di lokasi pasar baru sepi. Bahkan, sama sekali tidak ada pembeli.

Salah seorang PKL, Siti Mariam (48) mengatakan, sejak dipindahkan ke lantai 3 pasar baru, dalam kurun seminggu tidak ada pembeli sama sekali.


"Sepi gak ada pembeli sama sekali. Makanya kami jualan lagi di jalan. Memangnya pemerintah mau menjamin hidup ratusan PKL seperti kami, kalau kondisi jualan di lantai 3 sepi sama sekali," ujarnya kepada Kompas.com di lapak PKL Jalan Tampomas, Kamis siang.

Baca juga: DBD Mewabah, 2 Meninggal, 175 Lainnya Dirawat di Puskesmas dan RSUD Sumedang

Senada, Keni (45) pedagang sayuran mengaku sejak berjualan di lantai 3 Pasar Sandang Sumedang, penghasilannya merosot tajam. Dalam sehari paling besar hanya mendapatkan pemasukan Rp 8.000.

"Seringnya tak ada pembeli sama sekali. Pernah sehari ada yang beli itu pun hanya dapat Rp 8.000. Setiap harinya, dagangan kami berupa sayuran, semuanya busuk dan tak terjual," keluhnya.

Dengan kondisi ini, para pedagang pun sepakat kembali berjualan di Jalan Tampomas, tepatnya di depan Pasar Sandang Sumedang.

"Kalau kami tidak jualan lagi di sini. Kami mau makan apa? Biaya sekolah anak kami mau dari mana?" ucapnya.

Keni dan Siti berharap pemerintah tetap membiarkan mereka berjualan di Jalan Tampomas.

"Harapannya ya kami ingin tetap jualan di sini. Kalau tidak boleh,pemerintah cari solusi tapi jangan dipindah lagi ke lantai 3 karena sepi pembeli," harapnya.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X