Tembok yang Tutup Jalan Desa di Wonosobo Akhirnya Dibongkar Warga

Kompas.com - 08/01/2019, 17:24 WIB
Pembongkaran tembok yang tutup akses jalan penguhubung desa Rejosari dengan desa Sindupaten Kabupaten Wonosobo, Senin (7/1/2019). Tembok dibangun oleh warga yang kalah maju Pilkades. Dok Humas Polres Wonosobo Pembongkaran tembok yang tutup akses jalan penguhubung desa Rejosari dengan desa Sindupaten Kabupaten Wonosobo, Senin (7/1/2019). Tembok dibangun oleh warga yang kalah maju Pilkades.

WONOSOBO, KOMPAS.com - Soim Pamuji akhirnya bersedia membongkar tembok yang sempat menutup jalan penghubung Dusun Bakulan Desa Rejosari Kecamatan Kalikajar dengan Desa Sindupaten Kecamatan Kertek, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah.

Tembok setinggi sekitar 2 meter itu sebelumnya dibangun oleh Soim karena kalah bertarung pada Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) setempat beberapa waktu lalu.

Pembongkaran dilakukan oleh sejumlah warga Desa Sindupaten, dipimpin langsung oleh Kepala Desa Sindupaten, Kukuh, dan dibantu oleh aparat Polsek Kertek, Senin (7/1/2019).

"Sudah dibuka kemarin, atas kesepakatan pemilik lahan (Soim Pamuji) dan masyarakat, jalan sudah boleh dilewati," jelas Kapolres Wonosobo AKBP Abdul Waras, dikonfirmasi Selasa (8/1/2019).


Baca juga: Heboh Warga Tutup Jalan Pakai Tembok di Wonosobo karena Kalah Pilkades, Ini Faktanya

Menurut Abdul, ada kesepakatan yang dihasilkan dari hasil pertemuan antara warga dengan Soim. Setelah tembok dibongkar Soim meminta supaya jalan alternatif tersebut segera diperbaiki dengan dibeton.

Soim pun menghibahkan tanah lebar 4 meter dan 62 meter kepada masyarakat untuk dipakai jalan.

"Tapi bila permintaannya tidak ditindaklanjuti maka jalan akan ditutup kembali," imbuh Abdul.

Kepala Desa Sindupaten, Kukuh, menambahkan sebelum dibongkar, pemerintah desa telah melayangkan surat resmi permohonan pembukaan akses jalan kepada Soim, pada Minggu (6/1/2018).

Baca juga: Diduga Beda Pilihan Calon Pilkades, 5 Kuburan Dipindahkan Keluarga

 

Permohonan itu dibuat karena lahan yang dibangun tembok merupakah lahan pribadi Soim.

"Saudara Soim dan kami selaku perangkat desa melakukan pertemuan yang menghasilkan beberapa poin kesepakatan, diantaranya pembukaan akses jalan tersebut,” papar Kukuh.

Halaman:
Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!


Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X