5 Fakta Kunjungan Jokowi di Jombang, Kunjungi 4 Pesantren hingga Ziarah ke Makam Pendiri NU

Kompas.com - 19/12/2018, 15:17 WIB
Presiden RI Joko Widodo saat melakukan kunjungan kerja di salah satu pesantren di Jombang, Selasa (18/12/2018). KOMPAS.com/MOH.SYAFIIPresiden RI Joko Widodo saat melakukan kunjungan kerja di salah satu pesantren di Jombang, Selasa (18/12/2018).

KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo mengunjungi empat pondok pesantren di Jombang, Jawa Timur, pada hari Selasa (18/12/2018) lalu.

Jokowi pun menyampaikan pesan kepada para santri untuk tetap menjaga persatuan dan kesatuan bangsa saat pemilihan umum digelar.

Pemilihan umum, baik dari pilkada hingga pilpres, janganlah merusak persatuan dan kesatuan bangsa, kata Jokowi.

Selain itu, Jokowi juga menyempatkan berziarah ke makam sejumlah pendiri Nahdlatul Ulama di Jombang. Berikut ini fakta lengkap kunjungan Jokowi di Jombang, Jawa Timur:

1. Kunjungi empat pondok pesantren di Jombang

Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) berdialog dengan santri Pesantren Darul Ulum dan para jamaah thariqat naqsabandiyah Rejoso, di Pesantren Darul Ulum Jombang, Selasa (18/12/2018).KOMPAS.com/MOH. SYAFII Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) berdialog dengan santri Pesantren Darul Ulum dan para jamaah thariqat naqsabandiyah Rejoso, di Pesantren Darul Ulum Jombang, Selasa (18/12/2018).

Selama di Jombang, Presiden Jokowi mengunjungi empat pondok pesantren. Pertama, Jokowi tiba ke Pesantren Darul Ulum Rejoso sekitar pukul 11.00 WIB, Selasa (18/12/2018).

Saat itu, Jokowi disambut pengasuh pesantren, KH Cholil Dahlan, serta Mursyid Tarikat Qodiriyah wan Naqsyabansiyah, KH Tamim Romli. Jokowi juga menemui para santri dan jemaah Thariqat wa Naqsabandiyah Rejoso.

Setelah itu, Jokowi bergerak menuju pondok Pesantren Tebuireng untuk berziarah ke makam pendiri NU.

Setelah berziarah, Jokowi mengunjungi Pesantren Manbaul Ma'arif Denanyar Jombang. Di pesantren ini, Jokowi meluncurkan program yang dikembangkan Otoritas Jasa Keuangan (OJK), yakni Bank Wakaf Mikro (BWM).

Lalu kegiatan Jokowi di Jombang berakhir di Pesantren Bahrul Ulum Tambakberas Jombang. Jokowi menyampaikan sejumlah pesan terkait nasionalisme.

Baca Juga: Bertolak ke Jatim, Jokowi Akan Kunjungi 4 Pondok Pesantren

2. Pesan Jokowi kepada para santri

Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi) bersama Pesantren Tebuireng Jombang, KH. Salahuddin Wahid (Gus Sholah), saat memasuki area Museum Islam Indonesia KH. Hasyim Asy?ari, Selasa (18/12/2018).KOMPAS.com/MOH. SYAFII Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi) bersama Pesantren Tebuireng Jombang, KH. Salahuddin Wahid (Gus Sholah), saat memasuki area Museum Islam Indonesia KH. Hasyim Asy?ari, Selasa (18/12/2018).

Usai shalat zuhur, Jokowi menemui para santri dan jemaah Thariqat Wa Naqsabandiyah Rejoso. Di hadapan para santri, Jokowi menyampaikan pesan agar seluruh rakyat Indonesia selalu menjaga persatuan dan kerukunan.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X