Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penderita HIV/AIDS di Karawang Tersebar hingga Pelosok Desa

Kompas.com - 13/12/2018, 15:53 WIB
Farida Farhan,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

KARAWANG, KOMPAS.com Menyikapi penderita HIV/AIDS di Karawang yang tersebar hingga ke pelosok desa, Bupati Karawang memberikan sejumlah imbauan pada peringatan Hari AIDS Sedunia di Plaza Kantor Pemkab Karawang, Kamis (13/12/2018).

Cellica menyebutkan, pengidap HIV/AIDS di Karawang dari sejak 1992 hingga November 2018 ini ter 1.062 kasus. Pengidapnya, kata dia, tak hanya tersebar di daerah perkotaan.

"Pengidap penyakit berbahaya itu telah menyebar sampai ke pedesaan," katanya.

Berangkat dari hal itu, Cellica meminta masyarakat  menjauhi perilaku seks bebas. Sebab, katanya, penyebaran HIV/AIDS di antaranya melalui hubungan seks bebas dan jarum suntik.

Baca juga: Temuan Penderita HIV di Banten Meningkat Sejak 2015

"Saya meminta masyarakat Karawang khususnya pelajar untuk berhati-hati, jangan melakukan hubungan seks dengan berganti-ganti pasangan, jauhi pergaulan bebas, dan jauhi narkoba," katanya.

Cellica mengatakan, Pemkab Karawang telah melakukan upaya pencegahan HIV/AIDS, salah satunya meningkatkan transportasi.

"Upaya kami untuk menekan jumlah pengidap HIV/AIDS  yang meningkat ini,dengan melakukan pencegahan populasi khusus atau rentan,,penyebarluasan informasi HIV/AIDS di sekolah, lapas (lembaga pemasyarakatan), hingga lingkungan masyarakat," ujarnya.

Namun demikian, melalui peringatan Hari AIDS Sedunia, bupati berharap masyarakat Karawang bersih dari  HIV/AIDS maupun narkoba.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com