Hotel di Solo Ciptakan Pohon Natal dari Bahan Akar Wangi dan Boneka - Kompas.com

Hotel di Solo Ciptakan Pohon Natal dari Bahan Akar Wangi dan Boneka

Kompas.com - 06/12/2018, 07:54 WIB

SOLO, KOMPAS.com - Sejumlah hotel di Solo, Jawa Tengah mulai bersolek menyambut Natal 2018 dan Tahun Baru 2019. Seperti yang terlihat di lobi Hotel Novotel dan Ibis Styles Solo.

Keduanya menampilkan dekorasi nuansa Natal dan Tahun Baru. Mengusung tema 'Rustic', Hotel Novotel Solo menghadirkan pohon Natal berbahan dasar akar wangi atau yang memiliki nama latin Andropogon Zizanioides.

Pohon Natal setinggi 3 meter itu diletakkan di lobi hotel mulai 1 Desember 2018 hingga 3 Januari 2019. Proses pengerjaan pohon Natal memakan waktu sekitar 1 Minggu dengan menghabiskan 30 kilogram akar wangi.

Baca juga: Jelang Natal dan Tahun Baru, Polresta Palembang Jaring 4 Pasangan Mesum

Pohon Natal akar wangi dilengkapi hiasan bola rotan lengkap dengan lampu teplok, balok-balok kayu, kado serta aroma akar wangi yang membuat kesan hangat ketika melihat atau berjalan di sekitarnya.

Menurut Public Relations Hotel Novotel Tiwik Widowati, konsep pohon Natal setiap tahun berbeda. Pada Natal tahun lalu, sambung Tiwik, Novotel Solo membuat pohon Natal dari bahan dasar batik dengan tinggi 3 meter.

Akar wangi yang dijadikan sebagai bahan dasar pembuatan pohon Natal didatangkan langsung dari sentra industri akar wangi Kecamatan Semin, Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

"Tahun ini konsepnya pohon Natal dari bahan dasar akar wangi," kata Tiwik kepada Kompas.com, Rabu (5/12/2018).

Baca juga: Kemenhub Sediakan 50 Bus untuk Mudik Gratis Natal dan Tahun Baru 2019

Tiwik menerangkan dipilihnya akar wangi sebagai bahan dasar pohon Natal dengan harapan masyarakat mulai mengenal kembali tumbuhan akar wangi. Pasalnya, masyarakat sekarang sudah mulai meninggalkan tumbuhan itu.

Padahal, akar wangi mempunyai banyak khasiat atau manfaat. Selain dapat dijadikan sebagai kerajinan tangan, aroma akar wangi juga dapat dijadikan sebagai aroma therapy.

"Jadi, kita ingin mengenalkan kepada para tamu yang menginap selama periode Natal dan Tahun Baru terhadap akar wangi," imbuhnya.

Baca juga: Ragam Pohon Natal Ini Dijual dengan Harga Selangit

Keberadaan pohon Natal akar wangi di lobi hotel tersebut, ucap Tiwik dapat dijadikan sebagai wahana spot selfie bagi tamu hotel yang menginap.

Sama halnya dengan Novotel Solo, Ibis Styles Solo juga menampilkan pohon Natal dari bahan dasar bonek teddy bear. Mengusung tema 'Cheerful' pohon tersebut dibuat dari susunan ratusan boneka dengan berbagai macam ukuran.

"Pembuatan pohon Natal dari bahan boneka ini waktunya cukup singkat hanya membutuhkan waktu sehari. Pohon Natal kita pasang mulai 1 Desember 2018 sampai 3 Januari 2019," tambah Ecommerce Executive Notovel dan Ibis Styles Solo, Indah Ayu.


Terkini Lainnya


Close Ads X