Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Arti "Bubur Ayam Racer", Tulisan di Jaket yang Dikenakan Jokowi

Kompas.com - 13/11/2018, 09:46 WIB
Reni Susanti,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

BANDUNG, KOMPAS.comJaket Bubur Ayam Racer menjadi perbincangan netizen setelah dikenakan Presiden Joko Widodo dalam kunjungannya ke Bandung, Minggu (11/11/2018).

Bukan hanya jaketnya yang menjadi sorotan, namun juga nama “Bubur Ayam Racer” yang tersemat di jaket tersebut.

Decky Sastra, pemilik Rawtype Riot yang memproduksi jaket tersebut mengatakan, jaket Bubur Ayam Racer merupakan kerja sama dirinya dengan vlogger motor Den Dimas.

“Nama Bubur Ayam Racer dipopulerkan Den Dimas. Diambil dari kebiasaan Dimas,” ujar Decky kepada Kompas.com di tempat kerjanya di Bandung, Senin (12/11/2018).

Baca juga: Konvoi Jokowi di Bandung dan Jaket Bubur Ayam Racer...

Biasanya, sambung Decky, sebelum racing Dimas harus sarapan. Menu favoritnya Dimas adalah bubur ayam. Itulah mengapa jaketnya dinamakan Bubur Ayam Racer.

“Sekarang orangnya (Den Dimas) lagi kuliah di Australia. Dia pergi ke sana sama istrinya,” tuturnya.

Decky kemudian menceritakan pertemuannya dengan Den Dimas. Semenjak memiliki brand sendiri, Rawtype Riot, Decky rajin ikut event dan menggaet artis untuk memasarkan produknya.

“Namun tidak dijadikan endorse. Biasanya mereka beli, tapi kalau suka akan saya berikan,” ungkap lulusan Universitas Komputer Indonesia (Unikom) ini.

Baca juga: Kisah di Balik Jaket Bubur Ayam Racer yang Dikenakan Jokowi

Hingga ia kemudian kenal dengan Omesh dan komunitas Motorbaik bentukan Omesh. Lewat sebuah event yang dihadiri komunitas inilah, ia bertemu dengan Dimas.

“Dimas itu vlogger. Konten vlognya tentang motor seperti cara bermotor dengan baik. Dulu ia selalu pake helm. Baru setelah subscriber YouTube-nya banyak, ia lepas helm,” ungkapnya.

Lama-kelamaan mereka tidak hanya bicara soal motor maupun desain. Melihat isi vlognya menarik dan memiliki banyak follower, Decky menawarkan diri untuk membuat jaket Den Dimas.

Setelah mengobrol panjang lebar, mereka sepakat akan membuat jaket eksklusif sebanyak 50 pieces.

Bahan unik dan sulit dicari

Tampak belakang jaket Bubur Ayam Racer yang dipakai Presiden Joko Widodo saat konvoi sepeda motor di Bandung, Minggu (11/11/2018).KOMPAS.com/IHSANUDDIN Tampak belakang jaket Bubur Ayam Racer yang dipakai Presiden Joko Widodo saat konvoi sepeda motor di Bandung, Minggu (11/11/2018).

Jaket terbuat dari bahan sutra silk dan velvet yang sulit dicari. Uniknya, jaket yang bisa dipakai bolak-balik tersebut dihiasi dengan banyak bordir di bagian depan, lengan, dan belakang.

Di bagian dada sebelah kiri terdapat tulisan Bur-Yam-Cer. Di bagian belakang atas terdapat tulisan “Bubur Ayam Racer”. Kemudian di bagian tengah terdapat tulisan “WHEN RAW IS GOING TO BE” dan di bagian bawah dituliskan nama “RAWTYPE RIOT GENUINE ART & CO”.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com