Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pembuat Jaket "Bubur Ayam Racer" Tak Pernah Tahu Gibran Beli Jaketnya

Kompas.com - 13/11/2018, 09:22 WIB
Reni Susanti,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

BANDUNG, KOMPAS.com – Pemilik Rawtype Riot Decky Dimas mengaku tidak tahu jika putra sulung Presiden Joko Widodo (Jokowi), Gibran Rakabuming membeli jaketnya.

Rawtype Riot merupakan brand lokal yang memproduksi jaket "Bubur Ayam Racer" yang dikenakan Jokowi di Bandung, Minggu (11/11/2018). Jokowi mengaku mendapatkan jaketnya tersebut dari anaknya, Gibran Rakabuming.

“Ada transaksi yang harus dikirim ke Solo (beberapa kali), tapi bukan dari nama yang Decky kenal,” ujar Decky kepada Kompas.com di Bandung, Senin (13/11/2018) sore.

Namun tak berapa lama, ia terkejut saat menghadiri pembukaan Markobar di Bandung. Decky melihat Gibran Rakabuming mengenakan jaket buatannya.

Baca juga: Ame Raincoat, Berawal dari Tugas Kuliah hingga Bikin Merinding karena Dibeli Jokowi (1)

“Lalu saya nanya, beli dimana mas? Gibran jawab, pesan online kok mas. Kenapa enggak beli lewat saya mas? Sama aja kan, jawab Gibran. Ya udah, ya udah, Gibran emang orangnya sulit ditebak,” tutur Decky sambil tertawa.

Kekagetan Decky kembali terulang saat ia melihat postingan di Instagram yang menggambarkan Jokowi mengenakan jaket "Bubur Ayam Racer" produksinya.

Saat itu, ia ingin sekali pergi ke Braga untuk bertemu langsung dengan Jokowi. Namun karena ada urusan keluarga, ia tidak bisa menghadiri acara “Jabar Kondusif” di Braga.

“Saya enggak tahu kalau Gibran yang pesan. Karena ia pesan pakai nama orang lain,” ungkapnya.

Baca juga: Ridwan Kamil Pilih Jaket, Jokowi yang Rogoh Kocek...

Bagi Decky, Gibran adalah teman yang baik dan sulit ditebak. Jika membutuhkan produk buatannya, Gibran bisa saja langsung mengontak dirinya, namun itu tak dilakukan Gibran.

“Padahal saya kenal Gibran. Dia pernah naik mobil saya dan saya antarkan ke tempat tujuannya,” ungkapnya.

Jika melihat transaksi penjualan, produk yang dipesan Gibran di Solo adalah seri berbau nasionalisme dan edisi limited edition.

Salah satunya, jaket seri “Independence Day” yang diluncurkan 17 Agustus lalu. Di jaket tersebut terdapat hiasan bendera merah putih.

“Biasanya Gibran memesan dua jaket. Satunya lagi untuk Pak Jokowi. Gibran orangnya suka fesyen, mungkin ia ingin dandanin Pak Jokowi juga,” ucapnya.

Terlepas dari ceritanya dengan Gibran, Decky mengaku bahagia dengan keberpihakan Jokowi kepada produk lokal.

“Merangsang kami untuk terus membuat karya lebih baik lagi,” tutupnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com