Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemprov Jabar Akan Kawinkan Sapi Pasundan dengan Sapi Belgia

Kompas.com - 09/11/2018, 13:47 WIB
Dendi Ramdhani,
Farid Assifa

Tim Redaksi

BANDUNG, KOMPAS.com - Pemerintah Provinsi Jawa Barat akan menjalin kerja sama dengan Wallonia Region, Belgia, dalam bidang pertanian dan peternakan.

Salah satu programnya adalah mengawinkan sapi pasundan dengan sapi Belgian Blue Cattle yang dikenal sebagai sapi berotot.

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengutus Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum untuk melihat langsung sapi Belgian Blue di Wallonia, Belgia.

"Pak Uu sekarang lagi di Belgia on the way pulang. Ada rencana sapi Belgia yang berotot itu akan silangkan dengan sapi Pasundan," ujar Emil, sapaan akrabnya saat ditemui di gedung DPRD Jabar di Jalan Diponegoro, Jumat (9/11/2018).

Ia berharap, kawin silang sapi itu dapat meningkatkan produksi daging sapi di Jabar dan menekan aktivitas impor.

"Sehingga harapannya produksi sapi ini tonasenya jauh meningkat tapi diproduksi lokal bukan impor. Itu misi saya ke Pak Uu. Dan, insya Allah berhasil, dan suplai daging sapi bisa terpenuhi secara lokal," tutur Emil.

Baca juga: Ridwan Kamil Segera Bahas Status Siaga Bencana Banjir dan Longsor di Jabar

Sementara itu, Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum mengatakan, salah satu keunikan sapi Belgian Blue yakni proses melahirkannya yang dilakukan dengan cara caesar.

Selain itu, perkembangan kehamilan sapi bisa dipantau melalui gawai. Hal itu dikatakan Uu seusai meninjau peternakan sapi Belgian Blue di Wallonia Region, Belgia.

Ia menambahkan, selain tubuhnya yang berotot, sapi Belgian Blue juga minim lemak. Perbandingan daging terhadap karkasnya sebesar 70 persen.

"Saya berharap ada para santri, masyarakat dan mahasiswa Jawa Barat dapat belajar dari Belgia dan sapi-sapi yang saya lihat sekarang dapat saya lihat lagi di Jawa Barat," ucap Uu.

Baca juga: Ridwan Kamil: Tolong Waspada, Musim Hujan Sudah Turun...

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com