Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Risma Akan Sulap Surabaya Utara Jadi Destinasi Wisata Kota Tua ala Jakarta

Kompas.com - 18/10/2018, 05:40 WIB
Ghinan Salman,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

SURABAYA, KOMPAS.com - Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini atau Risma akan menyulap sebagian kawasan di Surabaya Utara. Menurut Risma, di kawasan tersebut banyak berdiri bangunan kuno peninggalan masa lalu.

Untuk membuat bangunan kuno itu terlihat artistik dan menarik, wali kota perempuan pertama di Surabaya itu akan menjadikan bangunan kuno itu sebagai pusat destinasi wisata kota tua, sama seperti yang ada di Jakarta.

"Saya ingin Surabaya Utara menjadi destinasi wisata bangunan tua atau apalah nanti namanya ya. Saya yakin kalau kita mulai ubah wajahnya dan ditangani dengan baik, pasti bisa," kata Risma bersama beberapa perusahaan cat di rumah dinasnya, Rabu (17/10/2018).

Baca juga: Risma: Saya Sudah Surati Presiden Jokowi, tetapi Belum Ada Tanggapan...

Oleh karena itu, Risma akan bekerja sama dengan perusahaan cat untuk mengembalikan wajah Surabaya Utara lebih menarik lagi.

"Saya memang undang perusahan (cat) ini mungkin bisa membantu. Saya ingin kawasan (Surabaya) utara bisa diangkat. Kalau kawasan itu dikembangkan, akan jadi destinasi (wisata) baru," tutur Risma.

Sementara itu, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Kota (Bappeko) Surabaya,Ery Cahyadi menambahkan, rencana menjadikan kawasan Surabaya Utara sebagai destinasi wisata kota tua akan dimulai awal 2019.

Baca juga: Berawal dari Iseng, Kampung Warna-warni di Bogor Kini Menginspirasi

"Surabaya utara yang kita hidupkan dimulai dari Jalan Karet agar terkoneksi dengan kampung Arab dan kampung China," kata dia.

"Kita hidupkan dulu, yang saat ini jalan aspal akan kita ubah seperti batu alam serta bangunan akan dicat untuk timbul coraknya," imbuh Ery.

Selain itu, perwajahan kota di kawasan Surabaya Utara akan ditunjang dengan permainan lampu. Sehingga, warga Surabaya ataupun wisatawan dapat melakukan berbagai kegiatan seni, seperti mengabadikan foto dan lain-lain.

Hal positif lainnya yang akan didapat, kata Ery, perekonomian di Surabaya Utara bisa ikut terdorong maju.

"Goal kita satu, perekonomian di sana maju. Pengembangan Surabaya Utara juga akan terkoneksi hingga kawasan sentra Ikan Bulak, Jembatan Suroboyo, kereta gantung hingga lapangan tembak bertaraf internasional di Tambak Wedi," tambah Ery.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com