Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perbaikan Tanggul Lumpur Lapindo yang Ambles Terkendala Volume Air

Kompas.com - 11/10/2018, 17:42 WIB
Caroline Damanik

Editor

SIDOARJO, KOMPAS.com - Perbaikan tanggul lumpur Lapindo di Sidoarjo yang ambles terus dilakukan. Humas Pusat Pengendalian Lumpur Sidoarjo (PPLS), Hengky Listria Adi, mengatakan, perbaikan tanggul ambles di titik 67 sudah berlangsung sejak Selasa (9/10/2018).

Namun, perbaikan belum maksimal karena masih menunggu penurunan debit air di dalam kolam.

"Kami pastikan tanggul dalam kondisi aman. Jadi kami juga mengimbau kepada warga sekitar untuk tetap tenang," ungkap Hengky, Rabu (10/10/2018) siang.

Perbaikan tanggul yang sudah dilakukan adalah mengeruk bagian pinggir luar tanggul yang ambles kemudian mengawali peninggian dari sisi utara.

"Perbaikan dan penguatan tanggul terus dilakukan sambil menunggu volume air di kolam menurun," tuturnya.

Baca juga: Tanggul Lumpur Lapindo Ambles 5 Meter, Warga Was-was

Upaya menurunkan air sendiri, lanjut Hengky, dilakukan dengan cara mengalirkan semua air dari pusat semburan lumpur ke arah selatan.

Air dilarikan dengan overflow ke titik 42 di Glagaharum kemudian dipompa ke atas untuk selanjutnya dialirkan ke sungai Porong menggunakan kapal keruk yang ada di sana.

"Dengan begitu, diharapkan kondisi air di sisi Utara atau sekitar tanggul yang sedang diperbaiki bisa terus menurun," tuturnya. 

Dalam kesempatan ini, dia juga menegaskan bahwa tidak ada lagi air dan lumpur yang meluber keluar tanggul seperti kejadian pada Jumat (5/10/2018) lalu.

Bahkan, berulang kali dia menyebutkan bahwa kondisi tanggul aman dan tidak ada potensi lumpur maupun air meluber, apalagi tanggul jebol.

 

Artikel ini telah tayang di surya.co.id dengan judul Perbaikan Tanggul Lumpur Lapindo Sidoarjo yang Ambles Belum Maksimal, Ini Sebabnya

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com