Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jawa Barat Buka 13.029 Formasi CPNS Baru, Masa Pendaftaran Diperpanjang

Kompas.com - 11/10/2018, 07:53 WIB
Dendi Ramdhani,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

BANDUNG, KOMPAS.com - Wilayah Jawa Barat (Jabar) mengalokasikan 13.029 formasi CPNS yang tersebar di 25 kota kabupaten. Pendaftaran tes CPNS wilayah Jawa Barat diperpanjang hingga 15 Oktober 2018 mendatang.

Sekretaris Daerah Jabar, Iwa Karniwa mengatakan dari total formasi yang tersedia, alokasi untuk Pemprov Jabar sebesar 1.085 dan 11.944 formasi untuk pemerintah daerah kabupaten kota di Jawa Barat.

Tahun ini, ada dua daerah yang tidak mengajukan penerimaan CPNS yaitu Kabupaten Kuningan dan Kabupaten Cianjur.

"(Khsus Pemprov Jabar) dari 1.085 ini tenaga guru SMA, SMK, SLB sebanyak 925 formasi. Lalu 90 formasi untuk tenaga kesehatan atau paramedis dan 69 formasi untuk tenaga teknis dan satu formasi untuk eks tenaga honorer kategori II. Untuk pelamar sampai Selasa (9/10/2018), sudah mencapai 17.000 lebih untuk Pemprov Jabar," ujar Iwa, Rabu (11/10/2018) kemarin.

Baca juga: Pemerintah Akan Naikan Gaji Guru Honorer yang Tak Lolos CPNS dan PPPK

Untuk mencegah kecurangan dalam tes CPNS, Pemprov Jabar telah menandatangani kesepakatan kerja sama dengan Badan Kepegawaian Nasional (BKN) untuk menggelar tes CPNS dengan sistem Computer Assisted Test (CAT).

"CAT ini salah satu sistem seleksi paling transparan dan akuntabel. Setelah dia tes satu jam kemudian bahkan langsung, dia tahu lulus atau tidaknya. Nah, insya Allah dengan cara demikian kita akan mendapatkan PNS yang sesuai harapan dan formasi. Sehingga kita sebagai Sekda punya alasan ketika diintervensi siapapun. Termasuk saudara kandung kita sendiri," paparnya.

Sementara itu, Kepala Kantor Regional III BKN, Imas Sukmairah mengatakan, penerapan sistem CAT dalam seleksi CPNS telah tertuang dalam Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi RI Nomor 637 Tahun 2018. Jabar merupakan satu dari lima wilayah yang menggunakan sistem tersebut.

Baca juga: Pelamar CPNS Mengeluhkan Dugaan Praktik Pungli di Disdukcapil Ambon

“(Yang menggunakan sistem CAT) yaitu Kantor Regional I Yogyakarta, Kantor Regional II Surabaya, Kantor Regional III Bandung, Kantor Regional V Jakarta dan Kantor Regional XIII Banda Aceh,” ujarnya.

Adapun seleksi CPNS di Jabar akan diselenggarakan di lima titik. Lokasi pertama, Sport Arcamanik Jabar Kota Bandung untuk tes CPNS Provinsi Jawa Barat, Kabupaten Sumedang, Kabupaten Karawang, Kota Bandung, Kabupaten Subang, Kota Cimahi dan Kabupaten Sukabumi.

Lokasi kedua di Telkom University Kabupaten Bandung untuk tes CPNS wilayah Kabupaten Bandung, Kabupaten Bandung Barat, Kabupaten Bekasi, dan Kabupaten Purwakarta.

Lokasi ketiga, Komplek Pemda Tegar Beriman Kabupaten Bogor untuk tes CPNS wilayah Kabupaten Bogor, Kota Bogor, Kota Bekasi, Kota Sukabumi, dan Kota Depok.

Lokasi keempat di Gedung Serba Guna Kota Tasikmalaya untuk tes CPNS wilayah Kota Tasikmalaya, Kabupaten Tasikmalaya, Kabupaten Garut, Kota Banjar, Kabupaten Pangandaran, Kabupaten Ciamis.

Lokasi kelima di Hotel Radiant Kabupaten Cirebon untuk tes CPNS wilayah Kabupaten Cirebon, Kota Cirebon, Kabupaten Indramayu, dan Kabupaten Majalengka. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com