Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bantu Korban Gempa di Sulteng, Wali Kota Batam Galang Dana di Jalan

Kompas.com - 03/10/2018, 12:31 WIB
Hadi Maulana,
Farid Assifa

Tim Redaksi

BATAM, KOMPAS.com - Wali Kota Batam HM Rudi dan Wakilnya, Amsakar Ahmad kembali turun ke jalan untuk menggalang dana bantuan korban gempa dan tsunami yang terjadi di Kota Palu dan Donggala, Sulawesi Tengah, beberapa waktu lalu.

Penggalangan dana yang digelar sejak Selasa (2/10/2018) kemarin ini dipusatkan di sejumlah titik di kota Batam. Mulai dari Simpang Glael, Simpang Jam, Simpang Kepri Mall, kawasan pusat bisnis Nagoya hingga Simpang Martabak Har Nagoya.

"Ini kedua kalinya kami turun ke jalan untuk mengalang dana untuk saudara-saudara kita yang terkena musibah bencana alam, di mana sebelumnya korban Lombok dan Sumbawa, dan sekarang untuk korban gempa dan tsunami yang terjadi di Kota Palu dan Donggala, Sulteng," kata Rudi, Rabu (3/10/2018).

Kegiatan ini akan terus dilakukan sampai 15 hari ke depan, dan jika dananya sudah dirasa cukup baru dikirim ke korban gempa di Palu dan Donggala, Sulteng.

"Selain penggalangan dana di lapangan seperti ini, kami juga mengumpulkan bantuan dari sejumlah organisasi perangkat daerah (OPD) yang ada di lingkungan Pemkot Batam," jelas Rudi.

Baca juga: Mendikbud: 2.736 Gedung Sekolah Rusak Akibat Gempa Palu

Dalam penggalangan dana bantuan korban Lombok dan Sumbawa beberapa waktu lalu, Pemkot Batam berhasil mengumpulkan dana sebesar Rp 722 juta. Dana tersebut juga telah disalurkan untuk masyarakat Lombok dan Sumbawa.

"Kami berharap di penggalangan dana kali ini untuk korban gempa dan tsunami Palu dan Donggala, donasi yang kami kumpulkan bisa melebihi dari angka donasi yang kami kumpulkan beberapa wakru lalu untuk korban Lombok dan Sumbawa," terangnya.

Lebih jauh Rudi mengatakan dirinya juga sangat mengapresiasi kepedulian masyarakat Batam yang telah ikut membantu korban Lombok dan Sumbawa beberapa waktu lalu. Untuk penggalangan kali ini, ia juga sangat berharap bantuan dari masyarakat Batam.

"Pemkot Batam juga membuka kesempatan untuk yang ingin mengirim dana melalui rekening. Ada 4 nomor rekening atas nama Pemkot Batam, diantara Bank Riau Kepri dengan nomor rekening 106.20.00250, Bank BNI dengan nomor rekening 0776877681, Bank BRI dengan nomor rekening 0659.01.000254.30.3 dan Bank Mandiri nomor rekening 109.05000.88885," paparnya.

"Mudah-mudahan apa yang telah diberikan masyarakat Batam ini untuk saudara kita yang mengalami gempa dan tsunmasi di Palu dan Dongala diridai Allah dan mendapatkan balasan yang setimpal untuk bekal di akhirat kelak," kata Rudi menambahkan.

Baca juga: Presiden Jokowi Disambut Isak Tangis Korban Gempa di Bandara Palu

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com