Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mendikbud: 2.736 Gedung Sekolah Rusak Akibat Gempa Palu

Kompas.com - 03/10/2018, 12:24 WIB
Wijaya Kusuma,
Farid Assifa

Tim Redaksi

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhajir Effendy menyampaikan ada 2.736 gedung sekolah yang terdampak gempa Palu, Sulawesi Tengah. Gedung sekolah yang paling banyak terdampak terdapat di Kabupaten Sigi.

"Sekolah yang terdampak gempa, sudah terdata," ujar Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhajir Effendy usai membuka acara Festival Inovasi dan Kewirausahaan Siswa Indonesia 2018 di Yogyakarta, Rabu (03/10/2018)

Muhajir mengatakan, dari hasil pendataan, ada 2.736 gedung sekolah yang terdampak gempa Palu. Kerusakan bangunan sekolah mulai dari berat hingga ringan.

"Ada yang hancur total sampai kerusakan ringan. Semua di Palu, di Donggala, yang lebih banyak justru di (Kabupaten) Sigi," tegasnya.

Baca juga: Kemendikbud Identifikasi Sekolah Rusak di Palu dan Donggala

Muhajir menyampaikan akan berangkat ke Palu, Sulawesi Tengah, untuk mengecek langsung kondisi gedung-gedung sekolah yang terdampak. Sekaligus guna memastikan kegiatan belajar mengajar segera di jalankan.

"Sabtu besok saya akan ke sana untuk mengecek langsung di lapangan tingkat kerusakannya. Kita prioritaskan kegiatan belajar mengajar harus segara dimulai," tandasnya.

Baca juga: Trauma Pasca-gempa Magnitudo 7,4 Sekolah di Pasangkayu Diliburkan

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com