Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ingin Daftar CPNS di Solo, Pelamar Wajib Miliki IPK 3,00

Kompas.com - 25/09/2018, 10:40 WIB
Muhlis Al Alawi,
Khairina

Tim Redaksi

 

SOLO, KOMPAS.com — Pemerintah Kota (Pemkot) Solo mewajibkan pelamar yang mendaftar seleksi Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) atau Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) memiliki nilai indeks prestasi kumulatif (IPK) minimal 3,00.

"Jadi nilai IPK minimal 3,0 itu diterapkan untuk semua pelamar CASN Pemkot Solo. Persyaratan tersebut tercantum dalam surat keputusan Walikota nomor 184 tahun 2018 yang ditandatangani pada 21 September lalu," kata Kepala Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan Daerah (BKPPD) Solo Rakhmat Sutomo, Senin (24/9/2018). 

Untuk persyaratan lebih lengkap, Rakhmat menambahkan, mulai bisa diakses pelamar pada Senin (24/9) malam. 

Menurut Rakhmat, pada seleksi CASN tahun ini, Pemkot Solo membuka formasi sebanyak 461 orang. Jumlah tersebut memang jauh dari total kebutuhan ASN di lingkungan Pemkot Solo.

"Kebutuhannya banyak, tetapi yang disetujui kemarin hanya 461," kata Rakhmat.

Baca juga: Seleksi CPNS di Bangka Belitung Dibuka, Butuh Guru, Dokter dan Perawat

Ia merincikan, dari total 461 formasi terdiri tenaga guru sebanyak 225 formasi, kesehatan sebanyak 195 formasi, dan infrastruktur sebanyak 37 formasi.

Selain formasi umum, dari 461 orang tersebut akan terbagi menjadi beberapa formasi khusus seperti formasi khusus untuk peraih cumlaude dengan jumlah 9 orang. Tak hanya itu, pelamar difabel disediakan kuota sebanyak lima formasi atau satu persen dari total formasi yang ada.

"Untuk difabel ini khusus tuna daksa kaki," ungkap Rakhmat.

Untuk lulusan cumlaude ini diarahkan ke formasi kedokteran umum atau RSUD sebanyak dua orang, apoteker dua orang, dan juga formasi infrastruktur Dinas Pekerjaan Umum dan Permukiman sebanyak lima orang.

Sementara untuk yang difabel diarahkan untuk formasi tenaga pendidikan dan tenaga teknologi informasi SMP. 

Kompas TV SKCK diperlukan sebagai syarat untuk pendaftaran.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com