Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Serahkan Jabatan Wali Kota Bandung ke Oded, Ridwan Kamil Dibopong...

Kompas.com - 21/09/2018, 12:39 WIB
Putra Prima Perdana,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

BANDUNG, KOMPAS.com - Ridwan Kamil yang saat ini telah menjabat sebagai Gubernur Jawa Barat menyerahkan jabatan sebelumnya sebagai Wali Kota Bandung masa jabatan 2013-2018 kepada Wali Kota Bandung yang baru Oded M Danial di Balai Kota Bandung, Jalan Wastukencana, Kota Bandung, Jumat (21/9/2018).

Pria yang akrab disapa Emil ini menandatangani dokumen serah terima jabatan sekaligus memberikan buku memori jabatan kepada Oded.

Setelah acara serahterima jabatan, Emil yang akan melanjutkan kembali tugasnya sebagai Gubernur Jawa Barat diarak menggunakan sepeda ontel yang dibopong oleh empat orang laki-laki ketika akan meninggalkan kantor lamannya, Balai Kota Bandung.

Baca juga: 6 Fakta Pelantikan di Bandung, Pesan Ridwan Kamil hingga Bupati Hamil 7 Minggu

“Hari ini saya resmi serah terima jabatan meninggalkan kantor yang sudah lima tahun saya tempati,” kata Emil saat ditemui seusai serahterima jabatan, Jumat pagi.

Emil mengaku terharu. Sebab, selama lima tahun Balai Kota Bandung telah dipercantik hingga seperti saat ini. Selain itu, di Balai Kota Bandung banyak kegiatan-kegiatan kedinasan yang rutin dilakukan hampir setiap hari.

“Pastilah ada rasa haru tiap hari ngantor disini, dirawat, di mumulai. Berinteraksi selama lima tahun itu tiap hari enggak ada libur. Jadi wajar wajah orang-orang di sini saya ingat, interaksi- interaksinya, rapat-rapatnya, dinamika-dinamikanya para pejabat yang hebat,” ucapnya.

Baca juga: Lantik Oded M Danial, Ridwan Kamil Berlinang Air Mata

Emil menambahkan, tidak hanya dirinya yang mencintai Balai Kota Bandung. Istrinya Atalia Praratya, juga sangat mencintai Balai Kota Bandung.

“Saya dan bu Lia (Atalia) juga sangat mencintai tempat ini. Alhamdulillah intinya kami meninggalkan tempat ini selamat dengan cara yang baik, hasil yang baik, sehingga akan menjadi catatan memori saya,” tuturnya.

Emil mamastikan dirinya akan membantu Oded dan Yana dalam memimpin dan membenahi Kota Bandung yang sangat dicintainya itu.

Baca juga: Oded Hapus Sistem Penilaian Rapor bagi Warga dan Camat di Bandung

“Mudah-mudahan Mang Oded bisa melanjutkan. Tadi saya sudah sampaikan yang positif-positif, yang kurang-kurangnya mang Oded bisa berinovasi. Jangan khawatir saya masih di Bandung, masih bisa berinteraksi,” tandasnya.

Di tempat yang sama, Oded M Danial mengatakan tidak menyangka jika hari ini adalah hari perpisahan dengan rekan kerjanya selama lima tahun.

“Setiap ada pertemuan pasti ada perpisahan dan setiap manusia punya kesempatan untuk mendapatkan sebuah proses dalam kepemimpiblnan di bumi ini,” kata Oded.

Bersama wakilnya saat ini, Yana Mulyana, Oded mengatakan bakal terus melanjutkan program-program Bandung Juara yang telah dijalankannya selama lima tahun bersama Ridwan Kamil.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com