Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemprov Jatim Buka Formasi CPNS untuk 103 Lulusan Cumlaude, Ini Syaratnya

Kompas.com - 20/09/2018, 08:48 WIB
Aprillia Ika

Editor

SURABAYA, KOMPAS.com - Pemerintah Provinsi Jawa Timur (Pemprov Jatim) memberikan keistimewaan bagi sarjana dengan predikat lulusan cumlaude pada pendaftaran CPNS 2018.

Sarjana dengan predikat cumlaude adalah lulusan pendidikan tinggi dengan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) di atas 3,50.

Hal ini disampaikan oleh Kepala BKD Jatim Anom Surahno. "Tahun ini memang ada pembeda dalam memberlakukan pendaftar. Lulusan sarjana dengan nilai cumlaude ada kuota tersendiri di CPNS 2018 Pemprov Jatim ini," kata Anom seperti dikutip dari Surya.co.id.

Baca juga: Kediri Jadi Satu-satunya Kota di Jatim yang Tidak Buka Formasi CPNS, Ini Sebabnya

Sebagaimana yang dicantumkan dalam web resmi BKD Jatim bkd.jatimprov.co.id, ada jalur khusus bagi lulusan cumlaude. Mereka juga harus memenuhi persyaratan khusus.

Dari 1.065 formasi yang dibuka di Pemprov Jatim, sebanyak 103 formasi khusus diperebutkan bagi pelamar dengan predikat cumlaude.

Baik untuk formasi tenaga pendidikan, tenaga kesehatan, maupun tenaga teknis berlaku lulusan cumlaude itu. Diyakini peluang lebih besar karena pendaftar tidak sebanyak jalur umum atau jalur noncumlaude.

Syarat khusus

Berikut ketentuan Detail untuk kuota khusus cumlaude:

Cumlaude adalah pelamar lulusan terbaik berpredikat dengan pujian dikhususkan bagi lulusan minimal jenjang pendidikan Strata 1;

Calon pelamar merupakan lulusan dari Perguruan Tinggi Dalam Negeri dengan predikat dengan pujian (cumlaude) dan berasal dari Perguruan Tinggi terakreditasi A/Unggul dan Program Studi terakreditasi A/Unggul pada saat kelulusan;

Bagi pelamar dari lulusan Perguruan Tinggi Luar Negeri dapat mendaftar setelah memperoleh penyetaraan ijazah dan surat keterangan yang menyatakan predikat kelulusannya setara dengan angka 4 dari Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi.

Artikel ini telah tayang di surya.co.id dengan judul Ada Kuota 130 Formasi Khusus Lulusan Cumlaude di CPNS 2018 Pemprov Jatim, Ini Ketentuannya, pada Rabu (19/9/2018). 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com