Festival Pesona Saronde Promosikan Pulau Eksotik dan Wisata Bahari

Kompas.com - 17/09/2018, 07:54 WIB
Pulau Saronde menjadi lokasi pelaksanaan Festival Pesona Saronde di Kabupaten Gorontalo Utara. Sejumlah peserta rally yacht internasional meramaikan kegiatan ini KOMPAS.COM/ROSYID AZHARPulau Saronde menjadi lokasi pelaksanaan Festival Pesona Saronde di Kabupaten Gorontalo Utara. Sejumlah peserta rally yacht internasional meramaikan kegiatan ini

GORONTALO, KOMPAS.com – Festival Pesona Saronde dibuka hari ini di Pulau Saronde, Kabupaten Gorontalo Utara.

Sejumlah yachter  sudah berada di daerah ini sejak 4 hari lalu. Mereka berkeliling ke sejumlah obyek wisata di Gorontalo, termasuk ke wisata hiu paus di peraiaran selatan Gorontalo.

“Peserta Yacht Rally internasional sudah memasuki perairan Gorontalo Utara sejak 4 hari lalu, peserta langsung turun dan memburu kuliner di obyek wisata,” kata Nancy Lahay, Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Gorontalo Utara, Senin (17/9/2018).

Festival Pesona Saronde adalah salah satu kalender pariwisata tahunan yang digelar di Pulau Saronde, salah satu pulau eksotik di laut Sulawesi. Pulau ini memuliki pasir putih yang lembut, air laut yang jernih dan pamandangan yang menarik karena banyak gugusan pulau di sekitarnya.

Sejumlah agenda kepariwisataan daerah ini mulai dilaksanakan sore, seperti balap perahu tradisional yang diikuti nelayan, atraksi seni budaya, pemilihan Putra-putri Saronde, dan fotografi.

Baca juga: Festival Pesta Budaya Asmat 2018 Digelar 4-9 Oktober

Sejak subuh, sejumlah warga dari berbagai daerah mulai berbondong-bondong ke arah Pelabuhan Kwandang. Dari pelabuhan ini mereka akan menyeberangi laut menggunakan perahu ke Pulau Saronde yang tidak jauh dari pulau induk, Sulawesi.

"Dalam festival ini, Pemerintah Kabupaten Gorontalo Utara mengenalkan sejumlah potensi wisata lain, terutama kuliner dan wisata alam," ujar Yasin Ali, staf Dinas Pariwisata Kabupaten Gorontalo Utara.

Keanekaragaman hayati di pulau-pulau kecil yang bertabur di lepas Pantai Gorontalo Utara adalah lokasi wisata yang eksotik. Pulau ini masih belum digarap sepenuhnya, ini memberi peluang bagi warga sekitar untuk mengenalkan sebagai obyek wisata.

Pulau Diyonumo yang ditumbuhi alang-alang memiliki pemandangan yang banyak diburu kaum muda. Pelancong menyewa perahu nelayan untuk menuju ke lokasi, ini memberi pendapatan alternatif selain menjadi nelayan.

Pulau lainnya juga tidak kalau eksotik, bahkan pulau Mas, Popaya dan Raja adalah Cagar Alam yang kaya keanekaragaman hayatinya. Wisatawan asing menyukai ketiganya.

Baca juga: Gurih Manis Apem di Festival Apangi

Di Gorontalo Utara terdapat 52 pulau. Semuanya menawarkan kekhasannya, namun wisata bahari menjadi inti wisata di daerah ini.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X