Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Presiden Jokowi Naikkan Tunjangan Kinerja Babinsa

Kompas.com - 17/07/2018, 13:55 WIB
Putra Prima Perdana,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

BANDUNG, KOMPAS.com - Presiden RI Joko Widodo memberik pengarahan kepada 4.555 orang Bintara Pembina Desa (Babinsa) dari seluruh Indonesia di hanggar PT Dirgantara Indonesia (DI), Jalan Pajajaran, Kota Bandung, Selasa (17/5/2018).

Dalam kesempatan tersebut, pria yang akrab disapa Jokowi ini menyampaikan bahwa dirinya telah memerintahkan Kementerian Keuangan untuk menaikan tunjangan kinerja Babinsa di seluruh Indonesia.

“Tahun lalu saya sudah perintahkan Menteri Keuangan untuk disiapkan anggaran untuk meningkatkan tunjangan kinerja Babinsa,“ kata Jokowi dalam sambutannya, Selasa pagi.

Lebih lanjut Jokowi menambahkan, kenaikan tunjangan kinerja untuk para Babinsa akan direalisasikan di bulan Juli 2018.

“Sudah diterima atau belum?” tanya Jokowi kepada para Babinsa yang hadir.

Baca juga: Jokowi: Pendapatan Operasional Babinsa Naik 771 Persen

Pertanyaan Jokowi dijawab serentak oleh para Babinsa. Mereka mengatakan jika tunjangan tersebut telah diterima.

Dalam pidatonya, Jokowi menjelaskan kenaikan tunjangan kinerja Babinsa tipe A dari awalnya hanya Rp 104.000 per bulan per orang menjadi Rp 900.000 per bulan per orang.

Sementara untuk Babinsa tipe B dari semula Rp 440.000 per bulan per orang menjadi Rp 1.200.000 per bulan per orang.

“Tujuannya karena saya tahu Babinsa berada di posisi barisan terdepan dalam menjaga kedaulatan NKRI dan menjaga Ketertiban di desa-desa,” jelasnya.

Jokowi mengatakan, usulan kenaikan tunjangan kinerja Babinsa disepakati setelah dirinya mendapatkan banyak keluhan dari para Babinsa setiap kali mengunjungi pelosok desa.

Baca juga: Jokowi Gelar Pertemuan Tertutup dengan Babinsa dan Bhabinkamtibmas Solo Raya

“Saya sebagai Presiden, kepala negara dan panglima tertinggi TNI menaruh perhatian yang sangat besar terhadap peningkatan profesionalisme yang berkaitan dengan kesejahteraan Babinsa. Setiap kali bertemu dengan Babinsa selalu yang masuk telinga saya adalah mengenai tunjangan kinerja,” ujarnya. 

Kompas TV Pendapatan operasional Babinsa yang tadinya sebesar Rp 310 ribu per bulan, kini akan dinaikkan menjadi Rp 2,7 Juta.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com