Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lagi, Seekor Gajah Ditemukan Mati di Aceh Timur

Kompas.com - 13/07/2018, 06:39 WIB
Masriadi ,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

ACEH TIMUR, KOMPAS.com - Seekor gajah liar dilaporkan mati di area perkebunan sawit PT Bumi Flora, Desa Jambo Rehat, Kecamatan Banda Alam, Kabupaten Aceh Timur, Kamis (12/7/2018) sore.

Kapolsek Banda Alam, Kabupaten Aceh Timur, Iptu Zainir, Jumat (13/7/2018) menyebutkan awalnya masyarakat melihat bangkai gajah berkelamin jantan itu tergeletak di afdeling enam area perkebunan sawit swasta tersebut. Lalu, masyarakat melapor ke Polsek,

“Kita bersama TNI lalu mendatangi lokasi kejadian, diperkirakan umur gajah ini masih muda, mungkin 11 atau 12 tahun. Gadingnya masih utuh sepanjang 10 sentimeter,” sebut Kapolsek.

Untuk memastikan penyebab kematian gajah itu, polisi sambung Iptu Zainir, telah berkoordinasi dengan Badan Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Provinsi Aceh. Tim itu, diperkirakan akan tiba di Aceh Timur hari ini, Jumat (13/7/2018).

Baca juga: Seekor Gajah Betina Ditemukan Mati di Bengkulu

“Penyebab matinya gajah belum diketahui. Kami menduga ini baru satu hari mati, karena belum terlihat membusuk. Nanti setelah BKSDA melakukan autopsi barulah kita tahu penyebab pastinya," sebut Kapolsek.

Penyidikan terhadap kematian gajah itu, sambungnya terus dilakukan dengan cara meminta keterangan saksi-saksi yang mengetahui pertisiwa tersebut.

“Penyelidikan juga sudah kita mulai,” pungkas Kapolsek Banda Alam Iptu Zainir.

Kasus kematian gajah di Aceh Timur beberapa kali terjadi sepanjang dua tahun terakhir. Bahkan, pembunuhan gajah jinak Bunta juga terjadi di kabupaten tersebut. Pelaku pembunuhan gajah telah ditahan di Mapolres Aceh Timur.

Kompas TV Kondisi Amirah berangsur pulih setelah dapat perawatan di Pusat Pelatihan Gajah (PLG Saree), Aceh.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com