Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Saat E-Gamelan Tampil di Markas UNESCO di Perancis

Kompas.com - 03/07/2018, 13:43 WIB
Kontributor Semarang, Nazar Nurdin,
Reni Susanti

Tim Redaksi

SEMARANG, KOMPAS.com - Elektronik gamelan hasil kreasi Universitas Dian Nuswantoro Semarang, Jawa Tengah tampil memukau dalam festival seni di markas kantor Unesco di Paris, Perancis.

Elektronik gamelan menjadi satu-satunya perwakilan Indonesia yang tampil di lembaga dunia tersebut.

Kepala Humas Udinus Agus Triyono mengatakan, tim elektronik gamelan tampil pada Jumat (29/6/2018) malam. Tim tampil apik di auditorium di markas Unesco, Paris.

Selain Indonesia, ada enam negara lain yang turut serta untuk memberi penampilan mewakili negara dari bidang seni.

Enam negara lain yaitu Chile, Argentina, Estonia, Rusia Nigeria, Nicaragua.

Baca juga: Warga Mojokerto Pelihara 30 Ekor Ikan Arapaima di Rumahnya

"Udinus ditunjuk mewakili Indonesia dalam even tersebut. Kami tampilan tari Bedoyo dan Jurit Nuswantoro," kata Agus, Selasa (3/7/2018), melalui siaran tertulisnya.

Agus menjelaskan, Tari Bedoyo Nuswantoro adalah tari sakral yang dikembangkan di kalangan keraton Mataram. Tari tersebut dilakukan tujuh penari wanita berpenampilan anggun.

Kemudian Tari Jurit dilambangkan sebagai tarian keprajuritan. Tarian itu menampilkan perpaduan tari gaya Surakarta, dengan tarian rakyat.

Para tenaga pengajar dan mahasiswa Udinus menampilkan tarian tersebut dipadu dengan alunan elektronik gamelan.

Dalam penampilannya, Udinus mengambil tema Gamelan "Goes to The World, Everybody Can Play". Tim gamelan Indonesia dipimpin langsung Rektor Udinus Edi Noersasongko.

Baca juga: Juli 2018 Tari Gandrung Banyuwangi Tampil di AS

Edi mengapresiasi atas capaian tim gamelannya yang tampil total di Perancis. Ia berharap gamelan mulai dikenal dunia, terutama gamelan elektronik.

"Ini adalah festival dengan ajang perform seni tertinggi di dunia. Saya sangat mengapresiasi kesempatan ini. Terima kasih atas kepercayaan dan dukungan semua pihak," pungkasnya. 

Kompas TV Umat Hindu di Provinsi Banten menyelenggarakan perayaan Dharma Santi sebagai bagian dari upacara hari raya Nyepi.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com