Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kunjungi Cirebon, Hasanudin Prihatin dengan Gunungan Sampah di TPA Ciledug

Kompas.com - 08/05/2018, 10:40 WIB
Putra Prima Perdana,
Farid Assifa

Tim Redaksi

CIREBON, KOMPAS.com - Calon Gubernur Jawa Barat nomor urut 2, Tubagus Hasanudin mengunjungi gunungan sampah di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Ciledug, Kabupaten Cirebon, Senin (7/5/2018).

Dalam kunjungan tersebut, pria yang akrab disapa Kang Hasan ini mendapati kenyataan bahwa gunungan sampah di lokasi tersebut membuat masyarakat sekitar resah.

Sebab, tumpukan sampah yang seakan tak pernah berkurang itu menimbulkan ketidaknyamanan bagi lingkungan sekitar seperti bau yang tidak sedap hingga mencemari air Sungai Cisanggarung yang berada tidak jauh dari TPA tersebut.

Kepada warga sekitar, Hasan menyampaikan bahwa sudah saatnya TPA Ciledug memiliki lahan baru agar tidak mengganggu kenyamanan masyarakat serta tidak menimbulkan berbagai penyakit.

Sebab, lokasi TPA tersebut sangat dekat dengan fasilitas publik seperti jalan raya dan pemukiman warga.

"Ini terlalu dekat dengan Jalan umum, paling tidak 4 kilometer dari jalan umum. Ini harus kita siapkan TPA yang baru," ungkap Kang Hasan saat berbincang dengan aktivis peduli lingkungan di daerah tersebut.

Baca juga : Hasanudin Dapat Gelar Khusus dari Pendekar Sukabumi

Hasan menambahkan, keadaan tersebut tidak boleh dibiarkan terus berlanjut. Jika nantinya terpilih sebagai gubernur, dia berjanji akan mendorong Pemerintah Provinsi Jawa Barat agar merealisasikan pembangunan TPA Regional Cimajayukuning yang sudah lama digagas.

"Informasi valid yang saya dapatkan sudah ada nota kesepahaman antara Pemerintah Kabupaten Cirebon dan Pemerintah Provinsi Jawa Barat terkait TPA regional. Bahkan sudah ada perdanya. Tapi hingga saat ini belum juga terwujud," jelasnya.

Hasan optimistis bahwa keberadaan TPA Regional Cimajayukuning adalah solusi yang tepat.

"Kalau dibiarkan seperti ini yang rugi adalah masyarakat. Kalau memang tidak ada tindak lanjut, saya yang akan merealisasikan TPA regional itu," bebernya.

Untuk menyelesaikan sampah yang ada di Jawa Barat, lanjut Hasan, pihaknya juga akan nenggulirkan program Infrastuktur, Keamanan, dan Lingkungan (Turkamling) yang digagas bersama pasangannya, calon wakil gubernur Jawa Barat Anton Charliyan.

Baca juga : Hasanudin Siap Bantu Investor Tanamkan Modal di Jabar, asal...

Menurut dia, program tersebut akan mewadahi pengelolaan sampah secara terpadu baik limbah industri, maupun sampah rumah tangga. Selain itu, pasangan yang dikenal dengan nama Hasanah ini juga akan melakukan pembinaan kepada masyarakat untuk tidak membuang sampah sembarangan, serta mengelola sampah dengan baik agar tidak mencemari lingkungan.

"Masalah lingkungan itu satu hal yang vital, menyangkut keberlangsung hidup masyarakat, apalagi daerah perbatasan seperti Ciledug, ibaratnya, perbatasan sebagai etalase suatu daerah," pungkasnya.

Kompas TV Berikut tujuh program unggulan Hasanah.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com