Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kunjungi Sukabumi, Presiden Serahkan 3.063 Sertifikat Tanah

Kompas.com - 07/04/2018, 22:43 WIB
Budiyanto ,
Kurnia Sari Aziza

Tim Redaksi

SUKABUMI, KOMPAS.com - Hujan deras menyambut kehadiran Presiden Joko Widodo di Lapangan Sekarwangi, Kecamatan Cibadak, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, Sabtu (7/4/2018).

Jokowi menghadiri kegiatan penyerahan sertifikat tanah untuk warga. Pada kesempatan itu, ia membagikan 3.063 sertifikat tanah.

"Karena sertifikat adalah tanda bukti hak hukum atas tanah yang bapak dan ibu miliki. Kalau sudah pegang ini, enggak ada masalah,'' kata Jokowi dalam sambutannya.

Baca juga: Cerita Jokowi Ada Pihak yang Mengklaim Program KIP dan Sertifikat Tanah Gratis  

Dia mengatakan, sertifikat itu menjadi bukti kepemilikan tanah. Warga yang sudah memegang sertifikat dapat menolak pihak lain yang mengklaim tanah tersebut.  

''Orang lain enggak bisa macam-macam, karena pegangan hukumnya jelas. Tanda bukti hak yang namanya sertifikat,'' ujarnya. 

Program percepatan pembuatan sertifikat tanah ini dilakukan setelah dirinya melakukan kunjungan ke banyak daerah.

Baca juga: Jokowi: Dulu Urus Sertifikat Lama, Sana Diminta, Sini Diminta...

Ia menerima banyak keluhan warga terkait masalah sengketa lahan dan tanah.

''Urusan sengketa tanah di mana-mana, di semua provinsi ada. Antara masyarakat dengan pemerintah, masyarakat dengan masyarakat, anak dengan bapak, anak dengan ibu, banyak. Tapi kalau sudah pegang ini jadi jelas sekarang," katanya.

Selain itu, ia juga berpesan agar sertifikat tanah yang sudah dipegang disimpan baik-baik. Ia menyarankan warga mengkopi sertifikat tanah tersebut. 

Baca juga: PAN: Bagi-bagi Sertifikat Memang Harus, tapi Jangan Hanya Itu...

Menteri Agraria dan Tata Ruang atau Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Sofyan Djalil menargetkan seluruh bidang tanah di Indonesia memiliki sertifikat tanah pada tahun 2025. 

Menurut dia, pemerintah telah menerbitkan 5 juta sertifikat tanah untuk warga Indonesia selama 2017. Untuk warga Jawa Barat, pemerintah telah menerbitkan 594.500 sertifikat tanah selama tahun 2017.

"Tahun ini, (warga) Jabar kebagian 1.270.000 sertifikat tanah," ujar Sofyan. 

Baca juga: Presiden: Sertifikat Sudah Diserahkan Semua, Tidak Ada Pengibulan

3.063 sertifikat tanah yang dibagikan Presiden Jokowi, rinciannya 1.001 warga Kabupaten Bandung Barat, 1.000 warga Kabupaten Cianjur, 600 warga Kabupaten Purwakarta, 300 warga Kabupaten Sukabumi, dan sisanya dari Kota Sukabumi.

Kompas TV Presiden Jokowi menilai isu-isu yang beredar saat ini seperti kebangkitan PKI dan isu sertifikat tanah, adalah isu yang membuat masyarakat menjadi pesimistis.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com