Jenazah Probosutedjo Tiba di Pemakaman - Kompas.com

Jenazah Probosutedjo Tiba di Pemakaman

Kompas.com - 26/03/2018, 20:23 WIB
Jenazah Probosutedjo datang di Makam Somenggalan. KOMPAS.com/Markus Yuwono Jenazah Probosutedjo datang di Makam Somenggalan.

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Jenazah almarhum Probosutedjo tiba di Makam Somenggalan, Dusun Kemusuk Kidul, Desa Argomulyo, Kecamatan Sedayu, Bantul, Yogyakarta, sekitar pukul 19.40 WIB, Senin (26/3/2018).

Tampak kerabat dari almarhum ikut dalam rombongan menggunakan puluhan mobil, seperti Titiek Soeharto, Mamiek Soeharto, dan sejumlah kerabat lainnya.

Peti jenazah dibalut bendera merah putih diturunkan oleh tentara. Jenazah langsung disemayamkan di aula Makam Somenggalan.

Jenazah kemudian dishalatkan masyarakat dan kerabat yang sejak petang duduk menanti di kompleks makam. Warga setempat, pelayat tokoh lokal, hingga anggota veteran menunggu kedatangan jenazah meski sempat gerimis. 

(Baca juga : 200 Spring Bed Disewa untuk Alas Tidur Keluarga Probosutedjo dari Jakarta )

Almarhum rencanannya akan dimakamkan di tengah ayahnya Atmopawiro dan tokoh masyarakat setempat, Kyai Joyowigeno.

Camat Sedayu Fauzan Mu'arifin mengatakan, Makam Somenggalan merupakan tempat peristirahatan terakhir para pejuang yang gugur masa pendudukan Belanda di Yogyakarta pada 19 Desember 1948 sampai 29 Juni 1949.


Terkini Lainnya

Close Ads X