Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bendera Setengah Tiang untuk Probosutedjo

Kompas.com - 26/03/2018, 14:30 WIB
Markus Yuwono,
Reni Susanti

Tim Redaksi

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Pengelola Museum atau Memoriam Soeharto di Dusun Kemusuk, Desa Argomulyo, Kecamatan Sedayu, Kabupaten Bantul, Yogyakarta, mengibarkan bendera setengah tiang.

Bendera tersebut dikibarkan setengah tiang sebagai ungkapan rasa duka atas meninggalnya adik tiri Soeharto, Probosutedjo.

"Setengah tiang ini untuk penghormatan bagi Pak Probosutedjo yang meninggal hari ini," ujar pengelola Museum HM Soeharto, Sarwanto ditemui di komplek museum, Senin (26/3/2018).

Probosutedjo merupakan pendiri Museum Memorial Jenderal Besar HM Soeharto yang diresmikan 8 Juni 2013 oleh dirinya. Luas museum yang mencapai 3.620 meter persegi ini didedikasikan untuk kakak tirinya. Isinya, tentang 32 tahun kepemimpinan Soeharto.

(Baca juga : Kami Kehilangan, Pak Probosutedjo di Sini Bangun Jalan, Universitas )

Juru bicara keluarga Probosutedjo, Widarta mengatakan, almarhum akan diterbangkan dari Jakarta ke Yogyakarta, dan kemungkinan dimakamkan seusai Maghrib. "Masih berubah-ubah, tapi yang jelas hari ini langsung dimakamkan," ujanya.

Sampai saat ini belum diketahui apakah jenazah akan dibawa ke memorial Soeharto atau ke rumah pribadinya, yang berada tak jauh dari pemakaman. Dari pengamatan Kompas.com, kedua lokasi dipersiapkan untuk penyambutan jenazah. 

Kompas TV Probosutedjo, adik mendiang Presiden ke-2 Republik Indonesia Soeharto meninggal dunia Senin (26/3) pagi.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com