Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Alasan Almarhum Probosutedjo Dimakamkan di Somenggalan

Kompas.com - 26/03/2018, 18:11 WIB
Wijaya Kusuma,
Reni Susanti

Tim Redaksi

YOGYAKARTA, KOMPAS.com —Adik Presiden RI kedua Soeharto, Probosutedjo, akan dimakamkan di Makam Somenggalan, Dusun Kemusuk, Desa Argomulyo, Kecamatan Sedayu, Bantul, Yogyakarta.

Makam ini dahulu dibangun oleh Probosutedjo khusus untuk menghormati korban Class II tahun 1948-1949.

Tokoh Masyarakat Kemusuk, Argomulyo, Kecamatan Sedayu, Bantul, Widarta mengatakan, jenazah Probosutedjo akan disemayamkan dahulu di Makam Somenggalan.

"Informasiterakhir, nanti dari Bandara Adisutjipto langsung ke sini (Makam Somenggalan). Lalu disemayamkan dulu dan diberikan kesempatan masyarakat untuk menshalatkan. Setelah itu baru dimakamkan," ujar Widarta saat ditemui di Makam Somenggalan, Senin (26/3/2018).

(Baca juga: Bendera Setengah Tiang untuk Probosutedjo)

Widarta menjelaskan, Makam Somenggalan dipilih sesuai permintaan Probosutedjo. Selain itu, Probosutedjo juga merupakan putra terbaik Kemusuk selain Presiden kedua RI Soeharto.

"Pak Probo itu kan salah satu putra terbaik Kemusuk selain Pak Harto. Beliau sangat berjasa terhadap masyarakat di sini. Permintaan beliau menurut keluarga dimakamkan di sini, dan ayahnya juga dimakamkan di sini," ungkapnya.

Pembangunan Makam Somenggalan, lanjutnya, merupakan andil dari Probosutedjo. Makam ini dibangun Probosutedjo untuk menghormati pahlawan dan korban Class II Tahun 1948-1949.

"Ini yang membangun Pak Probo dan warga, untuk menghormati korban Class II tahun 1948-1949. Dulu kan Pak Harto dikejar-kejar dan warga di Kemusuk tidak mau menunjukkan, lalu Belanda membabi-buta dan banyak korban jiwa," ucapnya.

(Baca juga: Rencana Pemakaman Probosutedjo dan Penutupan Ruas Jalan )

Menurutnya, korban Class II Tahun 1948-1949 terpencar mulai dari Kemusuk hingga Godean. Probosutedjo lantas berinisiatif mengumpulkan menjadi satu di Makam Somenggalan.

"Oleh Pak Probo untuk menghormati lantas disatukan di sini. Ini dibangun tahun 1993," ujarnya.

Pengusaha Probosutedjo meninggal di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM), Senin (26/3/2018) pagi.

Jenazah Probosutedjo disemayamkan di rumah duka, Jalan Diponegoro No 20, Jakarta Pusat. Rencananya, jenazah Probosutedjo akan dimakamkan di pemakaman keluarga di Kemusuk.

Sampai dengan pukul 17.05 WIB, jenazah Probosutedjo belum tiba di Makam Somenggalan. 

Kompas TV Probosutedjo, adik mendiang Presiden ke-2 Republik Indonesia Soeharto meninggal dunia Senin (26/3) pagi.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com