Tingkatkan Kemampuan Pilot, Pesawat Tempur Skadron Udara 12 Latihan Terbang Malam - Kompas.com

Tingkatkan Kemampuan Pilot, Pesawat Tempur Skadron Udara 12 Latihan Terbang Malam

Kompas.com - 15/03/2018, 06:34 WIB
Persiapan latihan terbang malam pesawat tempur jenis hawk 100/200 dari Skadron Udara 12 Lanud Rsn Pekanbaru.Kompas.com/Citra Indriani Persiapan latihan terbang malam pesawat tempur jenis hawk 100/200 dari Skadron Udara 12 Lanud Rsn Pekanbaru.

PEKANBARU, KOMPAS.com - Setelah pesawat tempur F-16 dari Skadron Udara 16 Lanud Roesmin Nurjadin (Rsn) Pekanbaru menggelar latihan terbang malam, kini giliran pesawat tempur Hawk 100/200 dari Skadron Udara 12 melaksanakan latihan yang sama.

Komandan Skadron Udara 12 Lanud Rsn Pekanbaru, Letkol Pnb Adhi Safarul Akbar, mengatakan, latihan ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan dan keahlian penerbang tidak hanya siang hari, tetapi setiap personel juga harus siap pada malam hari.

"Latihan kami mulai sejak Selasa dan berakhir pada Kamis (15/3/2018)," kata Akbar, Rabu (14/3/2018).

Dia mengatakan, latihan terbang malam ini melibatkan semua alutsista, penerbang, serta ground crew, yang berlangsung di area latihan di sekitar wilayah Lanud Rsn Pekanbaru.

Baca juga: 6 Pesawat Tempur F16 Lanud RSN Pekanbaru Ikuti Latihan Cope West 2018

Selain meningkatkan kemampuan para penerbang, lanjut Akbar, latihan ini juga dapat melihat tingkat kesiapan dari para ground crew serta alutsista yang dimiliki dalam rangka menunjang pelaksanaan tugas.

Danlanud Rsn Pekanbaru, Marsma TNI Age Wiraksono, menuturkan bahwa para penerbang harus memiliki kualifikasi untuk dapat melaksanakan tugasnya, baik siang maupun malam hari.

"Latihan ini merupakan bagian dari pentahapan untuk menciptakan penerbang-penerbang tempur yang mahir dan andal agar dapat menjalankan tugas yang diembannya dengan baik," terang Age.

Baca juga: Lanud RSN Pekanbaru Terima 5 Pesawat Tempur F-16 Tipe C/D

Oleh karena itu, dia berpesan kepada personel yang melaksanakan latihan untuk selalu mengutamakan faktor safety, keamanan, dan kewaspadaan.

"Jangan lupa selalu berdoa memohon perlindungan Tuhan Yang Maha Kuasa agar seluruh rangkaian latihan dapat berjalan dengan aman, lancar, dan tanpa kendala," ujar Age.

Kompas TV TNI Angkatan Udara dan Angkatan Udara Amerika Serikat, akan menggelar latihan bersama di Manado, Sulawesi Utara.


Komentar

Terkini Lainnya


Close Ads X