Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lanud RSN Pekanbaru Terima 5 Pesawat Tempur F-16 Tipe C/D

Kompas.com - 02/03/2018, 06:51 WIB
Citra Indriani,
Reni Susanti

Tim Redaksi

PEKANBARU, KOMPAS.com - Lanud Roesmin Nurjadin (Rsn) Pekanbaru, menerima lima unit pesawat tempur F-16 tipe C/D. Kelima pesawat mendarat di Skadron Udara 16 Lanud Rsn Pekanbaru, yang datang secara bertahap, Kamis (1/3/2018).

"Kelimanya datang hari ini. Tahap pertama tiga pesawat. Sedangkan dua lagi sore karena ada training di Lanud Iswahyudi," kata Komandan Lanud Rsn Pekanbaru, Marsma TNI Age Wiraksono.

Dia mengatakan, lima pesawat yang diterima merupakan bagian dari 24 pesawat F-16 yang dihibahkan Pemerintah Amerika Serikat (AS) untuk TNI AU Indonesia.

"Pesawat ini cuma 'cassingnya' yang dihibahkan. Tapi bagian dalam kita yang beli. Jadi seperti pesawat baru lagi," kata Age.

(Baca juga : Indonesia Resmi Terima 24 Pesawat Tempur F-16 Hibah AS )

Kelima pesawat yang diterima Lanud Rsn Pekanbaru, lanjut dia, seluruhnya tipe C/D single sitter. Sedangkan pesawat yang sudah ada jenis F-16 tipe A/B.

Ia memastikan, kelima pesawat ini dalam keadaan sehat dan prima. Sehingga, siap untuk dioperasikan kapan diperlukan.

Begitu juga dengan seluruh penerbangan Lanud Rsn Pekanbaru, telah siap dan mampu menerbangkan pesawat generasi baru tersebut. 

"Penerbang kita di sini sudah mampu mengoperasikan F-16. Kapan saja siap tempur baik siang maupun malam, baik di udara, luat, dan darat," ungkapnya.

Age mengatakan, penambahan pesawat tempur ini sudah direncanakan jauh-jauh hari. Hal ini untuk memperkuat kedaulatan NKRI di wilayah udara.

(Baca juga : Sebelum Diserahkan ke TNI AU, 24 Pesawat F-16 Jalani Ritual Mandi )

Sementara itu, sambung dia, pesawat tempur F-16 untuk tipe A/B akan di-upgrade secara bertahap ke Madiun. Sedangkan F-16 tipe C/D sudah siap beroperasi di Lanud Rsn Pekanbaru.

Pantauan Kompas.com di Skadron Udara 16 Lanud Rsn Pekanbaru, kelima pesawat dalam keadaan mulus. Sejumlah kru pesawat tampak melakukan pengecekan mesin dan kondisi pesawat setelah diterbangkan dari Lanud Iswahyudi.

Kompas TV Menteri Pertahanan dan Panglima TNI, Rabu (28/2) siang tadi menerima 24 pesawat F-16 dari Amerika Serikat di Pangkalan Udara Iswahjudi, Magetan, Jawa Timur.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com