Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bantu Atasi Kekeringan, Polres Aceh Timur Bangun 3 Sumur Bor

Kompas.com - 18/02/2018, 22:03 WIB
Masriadi ,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

ACEH TIMUR, KOMPAS.com – Polres Aceh Timur mulai membangun tiga sumur bor untuk Desa Matang Keh, Kecamatan Pirak Timu, Kabupaten Aceh Utara. Kawasan itu mengalami kemarau terparah sejak dua bulan lalu.

“Kami bangun tiga sumur bor. Semoga ini bisa meringankan beban masyarakat desa yang mengalami kekeringan. Minimal bisa untuk mencukupi kebutuhan air minum,” kata Kapolres Aceh Utara AKBP Untung Sangaji, Minggu (18/2/2018).

Dia menyebutkan, di kecamatan itu terdapat 15.000 hektare sawah. Diperkirakan, jika tak turun hujan dua pekan ke depan, bakal terjadi gagal panen di daerah pedalaman itu.

Untung Sangaji menyebut kondisi kekeringan di kecamatan itu adalah yang terparah dalam 5 tahun terakhir. Bahkan, ketika dia meninjau areal persawahan, batang padi mulai menguning. “Kalau tak ada ujan bisa dipastikan gagal panen,” katanya.

Sebelumnya BMKG Kantor Lhokseumawe menyatakan dua kecamatan paling parah mengalami kekeringan di Aceh Utara yaitu Kecamatan Pirak Timu dan Kecamatan Nibong.

BMKG memperkirakan sepuluh hari ke depan belum turun hujan di kawasan itu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com