Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bendung Katulampa Siaga Satu, Jakarta Waspada Banjir

Kompas.com - 05/02/2018, 09:50 WIB
Ramdhan Triyadi Bempah,
Reni Susanti

Tim Redaksi

BOGOR, KOMPAS.com — Bendung Katulampa menunjukkan status Siaga 1 setelah ketinggian muka air mencapai 220 sentimeter pada Senin (5/2/2018) pagi.

Hujan yang terus mengguyur wilayah Bogor sejak Minggu (4/2/2018) malam membuat ketinggian air di Bendung Katulampa terus naik.

Kepala Pengawas Bendung Katulampa Andi Sudirman mengatakan, kenaikan debit air Katulampa mulai terjadi pukul 04.00 dengan ketinggian 90 sentimeter atau Siaga 3. Kemudian naik drastis pukul 08.40 mencapai 220 sentimeter atau Siaga 1.

“Hingga saat ini masih terpantau 220 sentimeter atau dalam status Siaga 1. Jumlah debit air 514.000 meter kubik per detik itu akan terbawa hingga Jakarta sekitar 8-10 jam ke depan,” kata Andi, Senin (5/2/2018).

(Baca juga: Penjelasan Petugas Jaga Katulampa soal Status Jakarta Siaga )

Andi menyebut, status Siaga 1 ini membuat wilayah Jakarta waspada banjir. 

Dirinya mengimbau, masyarakat yang berada di sempadan Sungai Ciliwung waspada terhadap luapan air sungai mengingat ada kemungkinan debit air akan terus meningkat seiring Bogor yang diprediksi bakal diguyur hujan sepanjang hari.

“Hulu Ciliwung di Puncak masih dalam kondisi hujan dan diperkirakan akan terus naik. Status Siaga dapat berubah menjadi Waspada jika ketinggian air di Katulampa mencapai di atas 250 sentimenter,” ucapnya. 

(Baca juga: Ahok: Kiriman Air dari Katulampa Bukan Ancaman Lagi bagi Jakarta)

 

Kompas TV Sejumlah kendaraan roda dua dan empat mogok, saat memaksa melintas di Jalan Jenderal Sudirman, Bekasi, Jumat (17/3) sore.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com