Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Demi Gus Ipul, DPC PKS Gresik Serius Bidik Pemilih Milenial

Kompas.com - 28/01/2018, 16:27 WIB
Hamzah Arfah

Penulis

GRESIK, KOMPAS.com – Hajatan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Jawa Timur (Jatim) bakal segera dilaksanakan, dengan dua pasangan calon yang bakal bersaing.

Yakni, pasangan Saifullah Yusuf (Gus Ipul) dan Puti Guntur Soekarno, serta Khofifah Indar Parawansa dan Emil Elestianto Dardak.

Namun, sesuai dengan instruksi pusat, Partai Keadilan Sejahtera (PKS) lebih condong untuk memilih dan memberikan dukungan kepada Gus Ipul-Puti.

Bahkan, keputusan itu sudah disepakati oleh Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Jatim, dan siap dilaksanakan oleh Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PKS seluruh Jatim.

“Lagi pula, Gus Ipul ini kan sudah lama menjalin komunikasi dengan PKS. Bahkan, sebelum berpasangan dengan Puti, kami sebenarnya sudah dekat, terlebih lagi adanya saran dari para kyai. Hanya memang, resmi dukungan baru didapatkan setelah Gus Ipul berpisah dengan Mas Anas (Abdullah Azwar Anas), dan kemudian menggandeng Puti,” ujar Ketua DPC PKS Gresik Fahrizal Muhammad Kohar di sela agenda Rapat Kerja Daerah (Rakerda), Minggu (28/1/2018).

(Baca juga: Gus Ipul - Puti Soekarno Ditarget Menang 70 Persen oleh Relawan Jokowi)

Ketua DPC PKS Gresik Fahrizal Muhammad Kohar di sela agenda Rapat Kerja Daerah (Rakerda), Minggu (28/1/2018).KOMPAS.com / Hamzah Ketua DPC PKS Gresik Fahrizal Muhammad Kohar di sela agenda Rapat Kerja Daerah (Rakerda), Minggu (28/1/2018).

Guna memuluskan calon pasangan yang diusung, DPC PKS Gresik juga mengaku menyiapkan serangkaian langkah untuk mendapatkan suara sebanyak-banyaknya.

Salah satu di antaranya, coba membidik para pemilih muda atau yang biasa dikenal dengan sebutan ‘Pemilih Milenial’.

“Kami coba akan mengubah mainstream sebelumnya, jika PKS hanya itu-itu saja. Kami akan coba menggandeng para pemuda di Gresik, untuk bisa memilih pasangan Gus Ipul-Puti dalam Pilkada Jatim nanti,” terangnya.

Beberapa langkah pun sudah mulai dilakukan oleh DPC PKS Gresik, guna menarik simpati para pemuda di kawasan Gresik dan sekitarnya. Mulai dari menyediakan program rekreasi bareng, agenda olahraga, hingga nonton bersama (nobar).

“Sebab yang kami tahu dari data di KPU (Komisi Pemilihan Umum) Gresik per Desember 2017, sebanyak 30 persen pemilih di Gresik dalam Pilkada Jatim kali ini adalah mereka yang berusia antara 18 sampai 25 tahun. Tentu ini sebuah kisaran yang menggiurkan,” kata dia.

Selain menggelar beberapa program kepada para pemilih milenial, DPC PKS Gresik juga melakukan beberapa konsolidasi ke beberapa tokoh eksternal yang dianggap berpengaruh, guna lebih banyak meraih dan mendapatkan dukungan.

“Mengacu dari perolehan suara kami di 2014 lalu, kami mendapatkan sebanyak 22 ribu suara. Dan kami berharap, jumlah itu dapat bertambah menjadi 30 ribuan suara, dengan salah satu tambahan yang cukup kami harapkan dari para pemilih usia muda,” pungkasnya.

Kompas TV Penyanyi dangdut yang tengah naik daun dirangkul Gus Ipul untuk ikut mengampanyekan dirinya di Pilgub Jatim.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com