Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Daftar Pilkada Jatim, Gus Ipul-Puti Naik Becak

Kompas.com - 10/01/2018, 22:56 WIB
Achmad Faizal

Penulis

SURABAYA, KOMPAS.com - Pasangan cagub dan cawagub Jawa Timur Saifullah Yusuf (Gus Ipul) dan Puti Guntur Soekarnoputri mendaftar di akhir waktu pendaftaran di KPU Jatim, Rabu (10/1/2018). Keduanya diarak naik becak dari kantor DPD PDI-P Jatim di Surabaya.

Pasangan ini menaiki 2 unit becak. Satu becak dinaiki Gus Ipul dan Fatma Saifullah Yusuf isterinya. Satu becak lagi dinaiki Puti bersama Joy Kameron suaminya. Di belakang, terlihat arak-arakan becak, rombongan Barongsai, dan kelompok musik patrol.

Terlihat ikut dalam rombongan, para ketua partai pengusung yakni dari PDI-P, PKB, Partai Gerindra, dan PKS, serta Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini yang mengawal Puti sejak mendarat di Bandara Internasional Juanda Surabaya, Rabu sore.

Sebelum mendaftar ke KPU Jatim, Gus Ipul-Puti sempat mampir ke kantor DPW PKB Jatim. Di sana, pasangan ini meminta restu para kiai dan bu nyai sebelum mendaftar ke KPU Jatim.

(Baca juga : Puti Guntur Soekarno: Ini Sudah Suratan Takdir... )

Di Pilkada Jatim, pasangan Gus Ipul-Puti didukung PKB (20 kursi), PDI-P (19 kursi) PKS (6 kursi), dan Gerindra (13 kursi) dengan total kekuatan kursi parlemen 58 kursi.

Pasangan ini akan melawan pasangan Khofifah Indar Parawansah-Emil Elistyanto Dardak yang diusung Partai Demokrat (13 kursi), Golkar (11 kursi), Nasdem (4 kursi), PPP (5 kursi), Hanura (2 kursi), dan PAN (7 kursi) dengan total kekuatan kursi parlemen sebanyak 42 kursi. 

Kompas TV PDI-P sudah dapat tambahan dukungan untuk Djarot di Pilkada Sumatera Utara.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com