Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gus Ipul: Jabar Hanya Persib, Jakarta Hanya Persija, Kita Punya 8 Klub

Kompas.com - 25/01/2018, 16:31 WIB
Kontributor Jember, Ahmad Winarno

Penulis

JEMBER, KOMPAS.com - Wakil Gubernur Jawa Timur, Syaifullah Yusuf (Gus Ipul) mengatakan, Provinsi Jawa Timur merupakan kiblat sepak bola nasional.

Kepada Kompas.com, Gus Ipul menjelaskan, dibanding provinsi lain, klub sepak bola yang berkancah di sepak bola nasional, paling banyak berasal dari Jawa Timur.

“Di Jabar hanya ada Persib, Jakarta hanya Persija, kita punya sebanyak delapan klub, belum lagi tarkamnya,” ujar Gus Ipul di Jember, Kamis (25/1/2018).

Belum lagi, kontribusi pemain asal Jawa Timur yang berkiprah di kancah sepak bola nasional, tak kalah banyaknya. "30 persen pemain di klub nasional berasal dari Jawa Timur,” tambahnya.

(Baca juga : Pilkada Jatim, Gus Ipul Kontrak Khusus Via Vallen dan Nella Kharisma )

Hanya saja, sambung dia, yang masih menjadi pekerjaan rumah adalah mengurangi ketegangan antar suporter klub yang ada di Jawa Timur.

“Pokoknya sekarang tinggal mengurangi tukarannya (pertengkaran) antar suporter. Kita punya suporter fanatik, ini potensi luar biasa,” kata Gus Ipul. 

Gus Ipul mengaku bersyukur karena saat ini ketegangan antar suporter di Jawa Timur sudah semakin berkurang.

“Saya bersyukur karena sudah sering ada dialog antar suporter, makanya kita dorong terus, agar dunia sepak bola Jawa Timur semakin pesat,” pungkasnya. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com