Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

KPU: Calon dari Kalangan Perempuan di Jawa Tengah Masih Minim

Kompas.com - 18/01/2018, 21:49 WIB
Kontributor Semarang, Nazar Nurdin

Penulis

SEMARANG, KOMPAS.com - Calon dari kalangan perempuan pada Pilkada di Jawa Tengah masih jauh di bawah ketentuan. Dari 24 pasang calon yang berpartisipasi, hanya ada 4 calon yang berjenis kelamin perempuan.

"Pilkada 2018 ini pasangan calon dari kalangan perempuan minim. Hanya 4 pasang calon mencalonkan," ujar Ketua Komisi Pemilihan Umum Jawa Tengah Joko Purnomo, di sela temu media di Semarang, Kamis (18/1/2018).

Empat calon dari kalangan perempuan yang berpartisipasi yaitu satu calon di tingkat provinsi dan tiga calon di tingkat kabupaten.

Empat orang itu yakni Ida Fauziyah di Pilkada Jawa Tengah berpasangan dengan Sudirman Said; Ida Retno Wahyuningsih di Pilkada Kabupaten Karanganyar berpasangan dengan Rohadi Widodo. Ida Retno baru saja mendaftar pada hari terakhir perpanjangan waktu.

Kemudian Umi Azizah di Pilkada Kabupaten Tegal berpasangan dengan Enthus Susmono; dan Sri Hartini di Pilkada Kabupaten Kudus berpasangan dengan Setia Budi Wibowo.

"Jumlah calon perempuan ini berbeda dari pilkada serentak lalu. Partisipasinya masih minim," tambah Joko.

Baca juga : Cegah Kampanye Hitam Pilkada Jateng, Polisi Patroli Medsos 24 Jam

Secara umum, ada 24 pasangan calon yang berpartisipasi di Pilkada Jawa Tengah. Dua pasang di Pilkada Jateng serta 22 pasang di pilkada kabupaten dan kota.

Dua pasangan di Pilkada Jateng yaitu Ganjar Pranowo-Taj Yasin dan Sudirman Said- Ida Fauziyah.

Sementara 22 pasang di kabupaten/kota yaitu Mardjoko-Ifan Haryanto dan Achmad Husein-Sadewo Tri Lastiono (Pilkada Kabupaten Banyumas); Juliyatmono-Rober Christanto dan Rohadi Widodo-Ida Retno (Pilkada Kabupaten Karanganyar); Ahwan-Hadi Sucipto, Nor Hartoyo-Junaidi, Masan-Noor Yasin, Muhammad Tamzil-Hartopo dan Sri Hartini-Setia Budi Wibowo (Pilkada Kabupaten Kudus).

Kemudian Zaenal Arifin-Rohadi Pratoto dan Zaenal Arifin-Edi Cahyana (Pilkada Kabupaten Magelang); Bambang Sukarno-Matoha, Haryo Dewandono-Irawan Prasetyadi dan M. Al Khadiq-Ibnu Heri Wibowo (Pilkada Kabupaten Temanggung); Haron Bagas Prakosa-Drajat Adi Prayitno, Ethus Susmono-Umi Azizah dan Rusbandi-Fatchuddin (Pilkada Kabupaten Tegal).

Baca juga : 235 Kades dan Lurah di Kabupaten Semarang Menyatakan Netral di Pilkada Jateng

Selanjutnya Dedi Yon Supriyono-Jumadi; Habib Ali Zaenal Abidin-Tanty Prasetyo Ningrum, Herujito-Sugono, Nursholeh-Wartono dan Ghautsun-Muslih Dahlan di Pilkada Kota Tegal.

Kompas TV Petahana Ganjar Pranowo ditantang Sudirman Said.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com