Lawan Petahana, Kerabat Jusuf Kalla Diusung 10 Partai di Pilkada Kota Makassar - Kompas.com

Lawan Petahana, Kerabat Jusuf Kalla Diusung 10 Partai di Pilkada Kota Makassar

Kompas.com - 10/01/2018, 18:46 WIB
Pasangan bakal calon Walikota dan Wakil Walikota Makassar, Munafri Arifuddin-Rahmatika Dewi (Appi-Cicu) melakukan deklarasi di Monumen Mandala Jl Jendral Sudirman, Makassar, Rabu (10/1/2018). KOMPAS.com/Hendra Cipto Pasangan bakal calon Walikota dan Wakil Walikota Makassar, Munafri Arifuddin-Rahmatika Dewi (Appi-Cicu) melakukan deklarasi di Monumen Mandala Jl Jendral Sudirman, Makassar, Rabu (10/1/2018).

MAKASSAR, KOMPAS.com - Sampai hari terakhir pendaftaran di kantor KPU Makassar, Rabu (10/1/2018), hanya dua bakal pasangan calon yang resmi mendaftar untuk Pilkada Makassar.

Calon petahana, Mohammad Ramdhan Pomanto atau Danny Pomanto meninggalkan pasangan sebelumnya, Syamsul Rizal di periode pertama. Pada periode kedua ini, Danny Pomanto mendaftar ke KPU Makassar sebagai bakal calon wali kota dan wakil wali kota Makassar berpasangan dengan kader Partai Nasdem, Indira Mulyasari.

Pada Pilkada Makassar 2018 ini, Danny Pomanto-Indira Mulyasari mendaftar melalui jalur perseorangan atau jalur independen. Meski lewat jalur Independen, Danny tetap mengklaim banyak partai yang mendukungnya.

Pada Pilkada ini, petahana akan berhadapan dengan menantu Wakil Ketua MPR RI Aksa Mahmud, Munafri Arifuddin. Diketahui, Aksa Mahmud adalah ipar dari Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK).


Munafri yang akrab disapa Appi ini mendaftar ke KPU Makassar bersama pasangannya yang juga kader Partai Nasdem, Rahmatika Dewi (Cicu), Rabu (10/1/2018). Appi-Cicu ikut di Pilkada Makassar dengan diusung 10 partai.

Baca juga : Polisi Tetapkan 5 Tersangka 2 Kasus Korupsi di Makassar

Adapun 10 partai yang mengusung pasangan Appi-Cicu, yakni Partai NasDem, Golkar, PDI-P, Gerindra, Hanura, PKB, PPP, PBB, PKS, dan PKPI. Appi pun kini beraktivitas sebagai CEO klub sepak bola PSM Makassar.

Pasangan Appi-Cicu ini diusung koalisi besar sepuluh parpol, yang mengantongi 43 dari 50 kursi parlemen Makassar.

Munafri-Tika datang ke kantor KPU Makassar di Jalan Perumnas Antang Raya dengan iring-iringan ribuan massa pendukung. Dia turut disertai pimpinan masing-masing pendukung. 

"Setelah melakukan pemeriksaan, kami menyatakan berkas bakal pasangan calon Munafri Arifuddin-Andi Rachmatika Dewi dengan ini diterima," kata komisioner KPU Makassar, Abdullah Mansyur pada prosesi pendaftaran.

Secara terpisah, Appi menyatakan kesiapannya bersaing meraih kursi nomor 1 di Makassar. Dia bakal mengandalkan kerja sama 10 parpol pengusung untuk merebut kekuasaan petahana.

"Saya tidak akan berdiri di sini kalau mau kalah," ujar Munafri di kantor KPU Makassar.

Sebelumnya, pada Senin (10/1/2018) lalu, petahana Danny Pomanto lebih dulu mendaftar ke kantor KPU Makassar menempuh jalur perseorangan.

Baca juga : Geledah Balai Kota Makassar, Polisi Sita Uang Rp 1 Miliar Lebih

Persyaratan petahana ini ikut Pilkada Makassar lewat jalur independen dinyatakan memenuhi syarat pencalonan berupa minimal 65.356 berkas dukungan warga. Jumlah dukungan pasangan ini bahkan jauh melampaui batas minimal, yakni mencapai 117.492 orang.

Ketua KPU Makassar Syarief Amier menyebutkan, pihaknya bakal meneliti berkas pencalonan kedua kandidat pendaftar. Penetapan bakal calon akan digelar pada 12 Februari mendatang.

"Terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung tahapan pilkada hingga hari ini berjalan kondusif dan lancar. Kini, tahapan pilkada mulai bergerak dinamis. Ibarat mobil yang kecepatannya sudah mencapai 80 kilometer per jam," katanya.


EditorFarid Assifa

Close Ads X