Mengenal Taj Yasin, Politisi 34 Tahun yang Dipinang PDI-P Jadi Cawagub Jateng - Kompas.com

Mengenal Taj Yasin, Politisi 34 Tahun yang Dipinang PDI-P Jadi Cawagub Jateng

Kompas.com - 09/01/2018, 08:05 WIB
Bakal calon wakil gubernur Jawa Tengah, Taj Yasin (kanan berpakaian batik).Kompascom/Nazar Nurdin Bakal calon wakil gubernur Jawa Tengah, Taj Yasin (kanan berpakaian batik).


SEMARANG, KOMPAS.com - Politisi muda PPP, Taj Yasin, akhirnya dipinang untuk menjadi pendamping Ganjar Pranowo pada Pilkada Jateng 2018. Politisi 34 tahun ini merupakan putra ulama karismatik asal Sarang, Rembang, KH Maimoen Zubair.

Wakil Ketua DPP PPP Arwani Thowafi mengatakan, Taj Yasin merupakan politisi muda zaman now. Selain masih muda, sosok Taj Yasin juga mempunyai paras yang mumpuni.

"Taj Yasin politisi muda zaman now, politisi milenial yang muda dan ganteng," kata Thowafi saat mengenalkan sosok Taj Yasin di kantor DPW PPP, Senin (8/1/2018) malam.

Yasin hadir di DPW PPP untuk menerima surat pernyataan dukungan. Ganjar Pranowo, pasangannya, juga hadir dalam forum penyerahan dukungan itu.

Baca juga: Diiringi Salawat, PPP Berikan Surat Resmi ke Ganjar-Taj Yasin

Politisi muda

Lahir di Rembang pada 2 Juli 1983, Taj Yasin saat ini berusia 34 tahun. Ia tercatat duduk sebagai anggota DPRD Jateng periode 2014-2019 dari Fraksi PPP. Di Dewan, ia duduk di Komisi E yang membidangi pengawasan dalam bidang kesra, agama, pendidikan, olahraga, pemuda, dan bidang terkait.

Ia tinggal di Desa Karangmangu RT 04 RW 01 Kecamatan Sarang, Kabupaten Rembang. Wakil Ketua DPW PPP ini telah menikah dan dikaruniai dua orang anak.

Selain menempuh pendidikan di Rembang, Taj Yasin juga pernah berkecimpung di Pelajar Islam Indonesia di Damaskus.

Sosoknya ramah dan pembawaannya kalem. Taj Yasin tak banyak bicara saat ia pertama kali tiba di Puri Gedeh untuk bertemu Ganjar Pranowo.

"Saya hanya menjalankan tugas dari partai untuk mendampingi Pak Ganjar. Jadi petugas partai ya harus siap menjalani apa yang diperintahkan partai, " kata Gus Yasin.

Pengajuan dirinya untuk mendampingi Ganjar murni atas pembicaraan DPP PPP dan ayahnya KH Maimoen Zubair.

"Kalau untuk masalah mengizinkan itu masalah partai ya. Nanti tanya saja sama DPP Partai (PPP) serta dengan abah," tambahnya.

Baca juga: Besok, Ganjar Pranowo-Taj Yasin Daftar Pilkada Jateng

Ia berharap dirinya dapat mengemban amanah untuk maju pada Pilkada Jateng.

"Saya harap pilkada aman tenteram. Pilihan kami ada beberapa partai kami, semoga berkah buat kami. Bisa menjadi contoh pilkada aman, tenteram menjadi pemimpin membanggakan," ujarnya.

Ganjar-Yasin sejauh ini didukung empat partai. Selain PDI-P yang mempunyai 27 kursi, Ganjar-Yasin juga didukung Nasdem 4 kursi, PPP 8 kursi, dan Demokrat 9 kursi. Total kursi yang diraih sebanyak 48 kursi. 

Adapun bakal calon Sudirman Said sementara didukung oleh koalisi Gerindra, PAN, dan PKS yang mempunyai 29 kursi.

Hanya PKB yang mempunyai 13 kursi dan Golkar 10 kursi yang belum menentukan arah koalisi. Jika nantinya mendukung paslon Ganjar-Yasin, maka dukungan untuk petahana bertambah menjadi 71 kursi.


Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
EditorErwin Hutapea

Close Ads X