Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Besok, Ganjar Pranowo-Taj Yasin Daftar Pilkada Jateng

Kompas.com - 08/01/2018, 21:45 WIB
Kontributor Semarang, Nazar Nurdin

Penulis

SEMARANG, KOMPAS.com - Pasangan calon yang diusung PDI-P untuk Pilkada Jateng Ganjar Pranowo-Taj Yasin bakal mendaftarkan diri ke KPU Provinsi Jateng, Selasa (8/1/2018) esok. Pendaftaran paslon dilakukan di hari kedua waktu pendaftaran.

"Insya Allah besok. Persiapannya lebih administratif saja kayak surat yang perlu disediakan," kata Ganjar, di rumah dinas Puri Gedeh, Senin (8/1/2018).

Ia mengungkapkan, semenjak diberi mandat partai, ia meminta para relawan untuk mempersiapkan segala sesuatunya. Ganjar juga terus memantau proses persiapan yang dilakukan untuk pendaftaran.

"Kemarin pas di Jakarta sambil telepon. Surat kalau perlu dicopy. Tadi malam balik (Semarang), tapi karena ada yang meninggal saya takziyah dulu di Bandung, kita atur lagi jadwalnya," tambah pria berambut putih ini.

(Baca juga : Cerita Ganjar Dipasangkan dengan Taj Yasin di Pilkada Jateng )

Sekretaris DPD PDI-P Jawa Tengah Bambang Kusriyanto mengungkapkan, proses pendaftaran paslon koalisi dari PDI-P di KPU Jateng dilakukan Selasa (9/1/2018) pukul 14.00 WIB.

Rombongan akan berangkat dari kantor DPD PDI-P di Jalan Brigjen Katamso Semarang. "Kita berangkat dari DPD pukul 13.00 WIB," tutur Bambang.

Paslon Ganjar-Taj Yasin bakal diusung koalisi lintas partai. Selain PDI-P, paslon juga didukung oleh Nasdem, PPP, Demokrat, dan Golkar.

Jika ditotal dari total jumlah kursi di DPRD Jateng, pasangan ini mengantongi dukungan 58 kursi atau 58 persen. Rinciannya PDI-P 27 kursi, Nasdem 4 kursi, PPP 8 kursi, Demokrat 9 kursi, dan Golkar 10 kursi. 

Sementara Sudirman Said didukung koalisi Gerindra, PAN, dan PKS yang mempunyai 29 kursi. Tinggal PKB yang mempunyai 13 kursi yang belum menentukan arah koalisi. 

Kompas TV PDI Perjuangan Minggu (7/1) siang mengumumkan lima pasangan bakal calon gubernur dan calon wakil gubernur yang akan bertarung dalam Pilkada 2018.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com