Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jokowi Resmikan 16 Lembaga Penyalur BBM Satu Harga

Kompas.com - 29/12/2017, 14:52 WIB
Kontributor Pontianak, Yohanes Kurnia Irawan

Penulis

PONTIANAK, KOMPAS.com – Presiden Joko Widodo meresmikan 16 lembaga penyalur BBM Satu Harga di Terminal BBM Pertamina Pontianak, Kalimantan Barat, Jumat (29/12/2017).

Lembaga penyalur yang diresmikan itu tersebar di beberapa wilayah yaitu lima titik di Papua dan Papua Barat, satu titik di Maluku Utara, lima titik di Kalimantan, satu titik di Sulawesi, satu titik di Jawa Timur, dan empat titik di Kepulauan Riau.

Dalam sambutannya, Jokowi mengatakan upaya pemerintah dalam mewujudkan energi berkeadilan bagi masyarakat di wilayah 3T (terdepan, terluar, dan tertinggal).

Hal tersebut ditandai dengan hadirnya lembaga penyalur BBM Satu Harga, sehingga masyarakat yang wilayahnya menjadi sasaran, bisa merasakan harga BBM yang sama dengan daerah lainnya.

“Energi berkeadilan merupakan wujud nyata dari sila ke-5 Pancasila yakni Keadilan Sosial Bagi seluruh Rakyat Indonesia. BBM Satu Harga juga mendorong geliat roda perekonomian masyarakat sehingga ke depan bisa berkembang seperti daerah lainnya," ucapnya.

(Baca juga : BBM Satu Harga di Papua Sudah Jalan, tetapi Stok Terbatas )

"Namun yang perlu dicatat adalah pengawasan dari berbagai pihak, baik dari aparat, pemerintah daerah, dan pemangku kepentingan agar BBM Satu Harga bisa dinikmati masyarakat dengan harga sesuai kententuan pemerintah,” sambungnya.

Peresmian tersebut sekaligus menandai telah tercapainya target pendirian lembaga penyalur BBM 1 Harga di 54 lokasi, yang telah direalisaikan Pertamina tahun ini.

Sepanjang 2017, Pertamina mengemban tugas dari pemerintah untuk melaksanakan program BBM Satu Harga di wilayah 3T yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia.

Direktur Utama Pertamina Elia Massa Manik mengungkapkan, berdasarkan roadmap, perseroan menargetkan pembangunan 54 titik lembaga penyalur di seluruh Indonesia dan direalisasikan oleh 8 wilayah operasi pemasaran Pertamina.

“Walaupun banyak tantangan dan kendala yang dihadapi, khususnya kondisi geografis di lokasi pembangunan lembaga penyalur BBM yang cukup sulit ditembus, Pertamina terus berupaya dan meyakini target BBM Satu Harga akan tuntas sesuai waktu yang ditetapkan,” tuturnya. 

Kompas TV Modus penyelewengan adalah pembelian borongan terhadap BBM lalu dijual lagi dengan harga lebih mahal.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com