Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jelang Pembebasan Fidelis yang Merawat Istrinya dengan Ganja

Kompas.com - 16/11/2017, 07:50 WIB
Kontributor Pontianak, Yohanes Kurnia Irawan

Penulis

SANGGAU, KOMPAS.com - Hari pembebasan tiba. Fidelis Arie Sudewarto (36) akan bebas pada hari ini setelah menjalani masa tahanan selama mengikuti proses hukum sejak 19 Februari 2017 yang lalu.

Fidelis divonis majelis hakim delapan bulan penjara dan denda Rp 1 miliar subsider satu bulan karena terbukti bersalah dalam kepemilikan 39 batang ganja yang dipergunakannya untuk mengobati sang istri, Yeni Riawati.

Perbuatan Fidelis dinilai majelis hakim memenuhi unsur dalam Pasal 111 dan 116 UU nomor 35 tentang Narkotika. Fidelis pun menjalani masa hukuman di Rumah Tahanan (Rutan) Klas IIB Sanggau.

Didampingi tiga kuasa hukum dari Kantor Advokat dan Konsultan Hukum RANIK, LIN dan Rekan, berkas bebas itu akan ia terima di Balai Pemasyarakatan (Bapas) Klas II Sintang.

(Baca juga : Solilokui Sunyi, Suara Hati Fidelis yang Putuskan Terima Vonis Hakim)

Meski sebulan yang lalu Fidelis sudah bisa berkumpul dengan keluarganya dengan cuti bersyarat pada 15 Oktober 2017, namun statusnya masih sebagai narapidana.

Hari ini status narapidana tersebut sepenuhnya akan lepas, sesuai dengan vonis majelis hakim ditambah subsider dan dipotong masa tahanan.

Fidelis Arie Sudewarto (36) saat ditemui di kediamannya di Kelurahan Bunut, Kabupaten Sanggau, Kalimantan Barat (15/11/2017).KOMPAS.com/YOHANES KURNIA IRAWAN Fidelis Arie Sudewarto (36) saat ditemui di kediamannya di Kelurahan Bunut, Kabupaten Sanggau, Kalimantan Barat (15/11/2017).
Ditemui di kediamannya di Kelurahan Bunut, Kabupaten Sanggau, Kalimantan Barat, Rabu (15/11/2017) sore, Fidelis terlihat sedang menemani anak keduanya, Samuel Finito Sumardinata (3). Senyum Fidel, sapaan akrabnya, terlihat menyambut kedatangan kami.

"Satu bulan ini lebih banyak saya habiskan untuk mengurusi rumah, merapikan kembali dan menata ruangan seperti sebelumnya," ujar Fidel sambil menunjukkan beberapa bagian sudut ruangan di rumahnya, Rabu sore.

(Baca juga : Ganja Demi Cinta Fidelis Diganjar 8 Bulan Penjara)

 

Pada salah satu sudut ruang tamu, terdapat sebuah meja dengan setumpuk perangkat dan peralatan komputer, salah satu hobi Fidel selain bergelut dengan motor tua.

Di antara meja itu, ada meja kecil lainnya yang di atasnya terletak sebuah foto almarhumah sang istri yang sedang tersenyum terbingkai rapi.

Senyum manis sang istri itu pun saat ini hanya bisa ia lihat dari foto, setelah sang istri meninggal dunia pada 25 Maret 2017 yang lalu.

Kompas TV Sesaat setelah keluar dari rumah tahanan, Fidelis langsung menuju makam mendiang istrinya.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com