Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

70 Ekor Trenggiling yang Ditangkap Pemburu Dilepas ke Alam

Kompas.com - 02/11/2017, 17:00 WIB
Citra Indriani

Penulis

PEKANBARU, KOMPAS.com - Sebanyak 70 ekor trenggiling yang sebelumnya ditangkap pemburu dilepas ke habitatnya. Hewan berkulit keras itu sebelumnya akan diselundupkan ke Malaysia.

Pelepasanliaran hewan dilindungi ini dilakukan personel Polda Riau dan Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA).

"Alhamudilliah, saat dilepas seluruh trenggiling itu dalam keadaan hidup semuanya," tutur Humas BBKSDA Riau, Dian Indriani, di Pekanbaru, Kamis (2/11/2017).

Pelepasan satwa bernama latin Manis javanica itu dilakukan setelah polisi melakukan serah terima kepada pihak BBKSDA.

(Baca juga: Polda Riau Amankan 70 Trenggiling yang Akan Diseludupkan ke Malaysia)

Sebelumnya, Polda Riau mengamankan 70 ekor trenggiling itu di perbatasan Pekanbaru-Pelalawan pada 30 Oktober 2017.

Dalam operasi itu, polisi juga mengamankan dua tersangka berinisial AM adan JP. Kedua merupakan pengepul (penadah) dari pemburu. Pelaku membeli dari pemburu seharga Rp 300 ribu perkilogramnya dan akan dijual ke Malaysia seharga Rp 600 ribu perkilogramnya.

Dian melanjutkan, petugas merahasiakan dimana lokasi pelepasan liaran. Namun dia memastikan satwa penyuka semut itu dilepas ke salah satu kawasan konservasi di Riau.

Untuk memastikan bahwa satwa yang dilepas itu diawasi, petugas memberi tanda khusus. Ketika trenggiling itu tertangkap lagi oleh pemburu, maka akan dikenali dan dicarikan solusi lagi agar satwa yang hampir punah tersebut aman.

"Kami bersama sudah polisi sepakat merahasiakan di mana lokasi pelepasannya demi keselamatan trenggiling itu sendiri," tuturnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com