Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

89 Ekor Trenggiling yang Akan Diseludupkan ke Malaysia Dilepas di Taman Nasional

Kompas.com - 09/10/2017, 05:10 WIB
Citra Indriani

Penulis

PEKANBARU, KOMPAS.com - Sebanyak 89 ekor trenggiling (manis javanica) dilepasliarkan di Taman Nasional Zamrud Kabupaten Siak, Riau. Puluhan ekor satwa dilindungi ini sebelumnya akan diselundupkan ke Negara Malaysia.

Puluhan satwa dilindungi ini dibawa dari Kota Dumai, Riau. Satwa tersebut sebelumnya merupakan sitaan dari Bea dan Cukai Dumai beberapa waktu.

Juru bicara Balai Besar Konservasi Sumber Alam (BBKSDA) Riau, Dian Indriati, mengatakan, pihaknya mengembalikan satwa berkulit keras itu ke alam liar setelah mendapat penyerahan dari pihak bea cukai.

"Kita berharap habitat trenggiling yang merupakan satwa dilindungi bisa dilestarikan dan tidak perburuan lagi," kata Dian Indriati, Minggu (8/10/2017).

Dia menjelaskan, saat penyerahan ada 95 ekor trenggiling yang diamankan dari para pemburu. Namun ketika dibawa ke taman nasional, dalam perjalanan enam satwa penyuka semut itu mati. "Ada enam ekor yang mati dan sudah dikubur," imbuhnya.

Baca juga: BNN Jabar Ungkap Penyelundupan 220 Kilogram Ganja Aceh

Pihak Bea Cukai Dumai mengamankan 95 ekor trenggiling itu di Jalan Lintas Dumai-Pakning dari sebuah mobil jenis minibus pada 5 Oktober 2017. Namun saat dihadang, pelaku pembawa trenggiling melarikan diri.

Rencananya, satwa dilindungi itu akan dibawa ke Malaysia melalui Perairan Selinsing.

Kompas TV Ratusan Trenggiling Siap Selundup di Medan Ini Disita TNI
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com