BNPB Sisir Warga Sekitar Gunung Agung pada Radius 12 Km dari Puncak

Kompas.com - 23/09/2017, 05:20 WIB
Gunung Agung difoto dari udara, beberapa waktu lalu. KOMPAS.com/BAMBANG P. JATMIKOGunung Agung difoto dari udara, beberapa waktu lalu.
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

KARANGASEM, KOMPAS.com - Pusat vulkanologi dan mitigasi bencana Geologis (PVMBG) menaikan status Gunung Agung dari level III (siaga) menjadi level IV (awas). Naiknya status ditetapkan pada Jumat (22/9/2017) malam pukul 20.30 WITA.

Seiring dengan dinaikannya status gunung Agung menjadi awas, warga, wisatawan serta pendaki diimbau tidak beraktifitas pada radius 9 km. Imbauan juga diperluas untuk wilayah dengan radius 12 km ke arah utara, tenggara dan selatan-barat daya.

Seluruh warga pada radius itu harus mengungsi atau diungsikan ke radius yang lebih aman.

Kepala BNPB Willem Rampangilei menuturkan pihaknya akan melakukan penyisiran di wilayah dengan radius 12 km dari puncak Gunung Agung. Sehingga tidak ada warga yang beraktifitas dalam radius tersebut.

"Akan jalankan sesuai SOP radius 12 km diamankan dari aktiftas masyarakat, bersama Pemerintah daerah kita akan melakukan penyisiran," kata Willem, Jumat (22/9/2017).

SOP mulai berlaku sejak Jumat pukul 20.30 WITA. Dijelaskan Willem pihaknya akan memberi tanda-tanda khusus di batas-batas zona 12 km tersebut. Sehingga masyarakat bisa keluar, dan sebaliknya yang ingin masuk bisa dicegah.

"Dengan tanda masyarakat paham dan tidak masuk radius itu," ujarnya.

BNPB memperkirakan ada 50 warga sekitar lereng Gunung Agung yang harus mengungsi, baik ke pos yang disiapkan pemerintah maupun secara mandiri ke kerabat masing-masing.

"Sudah dibicarakan siapa yang dievakuasi, mulai masyarakat rentan yaitu landia, ibu-ibu, balita," kata Willem.

Baca tentang
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X