Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mensos Pastikan Kebutuhan Beras untuk Pengungsi Gunung Agung Cukup

Kompas.com - 22/09/2017, 17:51 WIB
Kontributor Jember, Ahmad Winarno

Penulis

JEMBER, KOMPAS.com - Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa memastikan Cadangan Beras Pemerintah (CBP), cukup untuk memenuhi kebutuhan masyarakat yang mengungsi akibat erupsi Gunung Agung di Kabupaten Karang Asem, Bali.

"Tim kami (Kemensos) lima hari yang lalu sudah datang kesana melihat secara langsung," ungkap Khofifah saat berkunjung ke Universitas Jember, Jawa Timur, Jumat (22/9/2017).

Menurut Khofifah, pasca-letusan pertama, Bupati Karang Asem langsung mengeluarkan surat darurat.

"Surat darurat itu menjadi penting bagi bupati, untuk mengeluarkan CBP sebanyak 100 ton, yang diperuntukkan bagi masyarakat yang dievakusi dari lokasi kejadian letusan gunung," ungkap Khofifah.

(Baca juga: Gunung Agung Siaga, 9.421 Warga Mengungsi)

 

Jika beras tersebut diprediksi kurang karena semakin banyaknya pengungsi, Gubernur Bali bisa mengeluarkan surat yang sama untuk mengeluarkan CBP sebanyak 200 ton.

"Kalaupun sudah terpakai keseluruhan berasnya, maka pemerintah melalui Kemensos yang akan mengeluarkan CBP. Jadi pada prinsipnya untuk logistik beras tidak ada masalah," jelas Ketua Umum PP Muslimat NU ini. 

Kompas TV Menyusul peningkatan aktivitas vulkanik Gunung Agung di Bali, warga terdampak terus berdatangan ke sejumlah titik pengungsian.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com