Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kronologi Kecelakaan Beruntun yang Merenggut Korban Jiwa di Bawen

Kompas.com - 30/08/2017, 05:42 WIB
Kontributor Ungaran, Syahrul Munir

Penulis

BAWEN, KOMPAS.com - Kecelakaan beruntun kembali terjadi di jalan nasional Semarang-Solo tepatnya di kilometer 32, Kelurahan Harjosari Bawen, Kabupaten Semarang, Selasa (29/8/2017) siang.

Data resmi kepolisian menyebutkan, kecelakaan tersebut terjadi pada pukul 13.45 WIB. Truk kontainer bernomor polisi H 1636 BP menabrak truk bermuatan kayu nomor polisi H 1578 RG dan mobil boks H 1847 HD. Truk juga menabrak enam motor dan beberapa warung.

Polisi menyebutkan jumlah korban meninggal dalam kecelakaan itu sebanyak tiga orang dan korban luka delapan orang. Data ini berbeda dari yang disampaikan pihak rumah sakit bahwa korban meninggal sebanyak lima orang.

"Laporan yang masuk korban meninggal dunia tiga, semua kita evakuasi ke rumah sakit Ken Saras. Sedangkan kerusakan bangunan meliputi warung es kelapa muda, tiga warung makan nasi dan beberapa warung lainnnya," kata Kapolres Semarang AKBP Thirdy Hadmiarso, Selasa malam.

Baca juga: 3 Truk dan 5 Motor Terlibat Tabrakan Beruntun di Bawen, 5 Orang Tewas

Bedasarkan keterangan saksi, peristiwa itu bermula sekitar pukul 13.45 WIB, truk kontainer dengan sopir yang belum diketahui identitasnya berjalan dari arah Bawen menuju Semarang. Setibanya di Jalan Semarang-Solo kilometer 32 yang kondisinya turunan tajam, truk diduga mengalami rem blong, sehingga kendaraan itu oleng ke kanan dan membentur beton pembatas jalan.

Setelah itu, truk kemudian oleng ke kiri dan menabrak truk bermuatan kayu yang dikemudikan Pendi Sutisna (34), warga Rancabango, Tarogong Kaler, Kabupaten Garut. Truk tersebut lantas menabrak mobil boks yang dikemudikan oleh Udi Riyanto (37), warga Sidorejo, Tambangan, Mijen, Semerang.

Selanjutnya truk kontainer masih berjalan, namun sudah tidak terkendali dan kembali oleng ke kiri menabrak deretan warung dan sepeda motor yang parkir di kiri jalan. Setelah meluluhlantakkan bangunan, truk kontainer tersebut lantas terguling dengan kondisi kepalanya hancur.

"Sopir kontainer tewas di lokasi kejadian. Kita masih selidiki penyebab kecelakaan ini, dari Korlantas Polri juga hadir tim analyst accident," jelasnya.

Baca juga: Baru 2 Korban Tewas Kecelakaan Beruntun di Bawen yang Teridentifikasi

Proses evakuasi terhadap bangkai kendaraan yang terlibat dalam kecelakaan ini dilakukan oleh polisi dibantu oleh warga sekitar. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Semarang juga terjun ke lokasi untuk membantu pencarian korban yang mungkin masih tertimbun di puing-puing reruntuhan bangunan.

"Ternyata sudah tidak ada. Malam ini juga kontainer tersebut akan kita evakuasi," katanya.

Tepat pukul 19.00 WIB atau setelah lebih dari lima jam sejak kejadian, polisi membuka blokade jalan dan lalu lintas berangsur normal.

Kompas TV Ruas Tol Bawen-Salatiga Siap Dilintasi
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com