Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

HUT ke-72 RI, Puluhan Ekor Tukik Dilepasliarkan

Kompas.com - 16/08/2017, 21:43 WIB
Sigiranus Marutho Bere

Penulis

KUPANG, KOMPAS.com - Menjelang perayaan HUT RI ke-72, Balai Kawasan Konservasi Perairan Nasional (BKKPN) NTT bersama Pangkalan Utama TNI AL (Lantamal) VII Kupang melepas 72 bayi penyu (tukik) di Pantai Desa Bolok, Kecamatan Kupang Barat, Kabupaten Kupang, NTT.

Komandan Lantamal VII Kupang Brigjen (Mar) Dedi Suhenda mengatakan, selain pelepasan bayi penyu, kegiatan itu dirangkai dengan transplantasi terumbu karang.

"Puluhan tukik ini diambil dari lokasi penangkaran penyu yang dikelola BKKPN di Desa Nggodimeda, Kecamatan Rote Tengah, Kabupaten Rote Ndao," ujar Dedi, Rabu (16/8/2017).

Menurut Dedi, bayi penyu yang dilepas tersebut, akan kembali lagi bertelur dan menjadi konsumsi wisata. Selain itu, pihaknya menanam terumbu karang sebagai tempat berkembang biak ikan.

(Baca juga: Napi Teroris Ikuti Lomba Pengibar Bendera HUT RI ke-72)

"Kegiatan ini kita lakukan untuk mengisi kemerdekaan yang dilakukan Lantamal VII dan BKKPN. Kegiatan seperti ini akan terus dilakukan secara berkala bersama komunitas penyelam di Kota Kupang," tuturnya.

Sementara itu, Kepala BKKPN Kupang Ikram M Sangadji mengatakan, untuk tahun depan pihaknya akan memperluas agenda acara perayaannya.

"Kita juga akan melibatkan berbagai stakeholder, terutama pemerintah daerah, serta diarahkan untuk mempromosikan potensi wisata bahari, khususnya wisata laut di provinsi NTT, khususnya di Kota Kupang dan sekitarnya," tutupnya.

Kompas TV Jelang HUT Ke-72 RI, Jokowi Kukuhkan Paskibraka 2017
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com