Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penantian 22 Tahun, Kabupaten Magelang Akhirnya Raih Piala Adipura

Kompas.com - 03/08/2017, 23:42 WIB
Kontributor Magelang, Ika Fitriana

Penulis

MAGELANG, KOMPAS.com - Penantian panjang Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, untuk meraih penghargaan Adipura terwujud sudah.

Penghargaan bergengsi bidang kebersihan itu diberikan langsung oleh Presiden Jokowi kepada Bupati Magelang Zaenal Arifin di Jakarta, Rabu (2/8/2017).

Tak ayal, kedatangan piala Adipura disambut sangat antusias oleh warga setempat, Kamis (3/8/2017) sore.

Baca juga: Deddy Mizwar: Emil Baru Dapat Adipura, Kok Banjirnya Besar?

Pelajar dan warga berjajar di pinggir jalan yang dilintasi iring-iringan mobil pembawa piala tersebut. Mereka melambaikan tangan dan bersorak sorai.

Kegembiraan warga bukan tanpa alasan, karena piala Adipura diperoleh setelah penantian selama 22 tahun. Kabupaten Magelang hanya pernah mendapat sertifikat penilaian Adipura pada tahun 1997, 2015 dan 2016.

"Alhamdulillah, tahun ini kami berhasil mendapatkan Piala Adipura untuk Muntilan (Magelang) Kategori Kota Sedang, setelah melalui proses panjang,” kata Zaenal.

Zaenal mengungkapkan, prestasi ini merupakan hasil kerja keras semua pihak dan masyarakat, terutama warga Muntilan yang sudah berusaha menjaga kebersihan lingkungannya. Zaenal tidak memungkiri proses panjang harus dilalui untuk pencapaian ini.

“Ini hasil kerja keras semua pihak. Kemudian kami diminta melakukan paparan kepada tim juri independen, yang hasilnya kami mendapat piala ini,” urainya.

Zaenal berharap, masyarakat dapat menjaga dan merawat prestasi ini hingga waktu yang akan datang. Kebersihan, ujarnya, hendaknya menjadi budaya masyarakat yang tidak boleh ditinggalkan.

"Sehingga target perolehan Adipura Kencana di tahun-tahun berikutnya bisa tercapai," harapnya.

Baca juga: Terima Adipura 5 Kali, Wali Kota Semarang Beri Penghargaan Penyapu Jalan

Meskipun Zaenal mengaku tahun ini baru mengawali penilaian Adipura dari Muntilan sebagai salah satu kawasan yang menjadi pusat perekonomian Kabupaten Magelang. Namun tidak menutup kemungkinan ke depan pencapaian Piala Adipura bisa berkembang ke kecamatan-kecamatan lain.

“Secara keseluruhan, banyak elemen yang harus diperhatikan untuk bisa dapat Adipura. Elemen itu kita rintis melalui Muntilan ini,” katanya.

Atas prestasi ini, pihaknya berencana membangun monumen di tiga titik yang menggambarkan Piala Adipura.

Kompas TV Waspada Jalan Alternatif dan Wisata di Magelang
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com